Selasa, 10 November 2015

MicroSDHC Samsung vs Sandisk

MicroSDHC Samsung vs Sandisk



            Di era digital sekarang ini segala sesuatu semakin canggih, salah satunya dalam hal media penyimpanan. Pada review kali ini saya akan membandingkan salah satu media penyimpanan yang sudah sering dipakai masyarakat luas, yaitu MicroSD. Pada review saat ini, saya akan membandingkan MicroSDHC UHS-I Card 32GB buatan Samsung dan Sandisk.


Untuk metode pengujian, saya menggunakan bantuan beberapa aplikasi benchmark yang berbeda. Hal ini bertujuan agar hasil yang didapat dapat lebih objektif antara yang satu dengan yang lainnya. Setelah semua data telah didapat, maka saya akan membandingkan satu dengan yang lain. Apakah kecepatan yang di cantumkan itu benar-benar sama? Atau ada faktor lain yang mungkin mempengaruhi kecepatan pada memori tersebut?


Sesuai dengan pernyataan dari masing-masing vendor, mengenai kecepatan yang dapat dihasilkan. Itu sebagai pacuan atau batas perbandingan dari uji kecepatan saya kali ini. Mari kita mulai.
Metode yang pertama saya menggunakan aplikasi CrystalDiskMark versi 5.0.2. Dengan cara mengukur kecepatan baca dan tulis pada disk.


Pada Crytal Disk Mark ini, menggunakan beberapa file untuk dites kecepatannya. Mulai dari file berukuran kecil hingga besar. Pada tes ini juga dapat ditentukan berapa kali tes dijalankan. Untuk pengujian yang dilakukan, saya menggunakan 5 kali perulangan tes dan file berukuran 50 MB dan 1 GB.
Dan hasil yang didapatkan seperti berikut.

Samsung

*untuk file pengujian berukuran 50 MB dan 5 kali perulangan.


*untuk file pengujian berukuran 1 GB dan 5 kali perulangan.

Sandisk

*untuk file pengujian berukuran 50 MB dan 5 kali perulangan.


*untuk file pengujian berukuran 1 GB dan 5 kali perulangan.

Berdasarkan pengujian diatas, dapat kita peroleh data sebagai berikut :

Untuk file pengujian berukuran 50 MB :
samsung      sandisk
read
17.22 MB/s    30.07 MB/s
2.403 MB/s    4.744 MB/s
28.73 MB/s    31.67 MB/s
6.856 MB/s    3.330 MB/s
write
20.66 MB/s    19.74 MB/s
0.978 MB/s    0.938 MB/s
29.78 MB/s    29.78 MB/s
0.974 MB/s    0.877 MB/s

Berdasar data yang diperoleh diatas, dapat ditarik kesimpulan untuk pengujian dengan file berukuran 50MB, dalam membaca file Sandisk lebih unggul dibanding Samsung, sedangkan dalam penulisan file Samsung lebih unggul dibanding Sandisk. Tentu perbedaan ini tidak terlalu jauh, hanya berbeda beberapa KB saja.


Untuk file pengujian berukuran 1 GB :
samsung      sandisk
read    
30.30 MB/s    30.27 MB/s
5.703 MB/s    4.403 MB/s
31.67 MB/s    31.88 MB/s
5.544 MB/s    3.348 MB/s
write
22.07 MB/s    28.78 MB/s
0.971 MB/s    0.977 MB/s
27.05 MB/s    29.99 MB/s
0.968 MB/s    0.838 MB/s

Berdasar data yang diperoleh diatas, dapat ditarik kesimpulan untuk pengujian dengan file berukuran 1GB, dalam membaca file Samsung lebih unggul dibanding Sandisk, sedangkan dalam penulisan file Sandisk lebih unggul dibanding Samsung. Tentu perbedaan ini tidak terlalu jauh hanya berkisar 1-2 MB saja.



Untuk pengujian yang kedua, saya menggunakan software bernama USB Flash Benchmark. Dengan software ini akan terlihat grafik baca-tulis dari masing-masing MicroSD dengan lebih jelas.

Data yang diperoleh dari MicroSD Samsung :


Data yang diperoleh dari MicroSD Sandisk :


            Berdasar data grafik diatas terlihat jelas bagaimana kestabilitas dari masing-masing MicroSD, terlihat jelas bagaimana penurunannya. Grafik dengan garis hijau yang berarti untuk pembacaan data, sedangkan merah untuk penulisan data. Pada MicroSD Samsung kecepatan membaca file meningkat dari file berukuran besar ke file berukuran kecil. Dan semakin kecil data yang di baca-tulis kecepatan MicroSD Samsung relatif stabil dan hampir sama. Sedangkan pada MicroSD Sandisk terlihat kestabilan pada file besar dan mulai berbeda jauh pada saat membaca-tulis file berukuran kecil.



            Untuk pengujian yang ketiga, saya menggunakan software SpeedOut v0.5. dengan software ini akan terlihat kecepatan rata-rata dari masing-masing MicroSD.

            Dengan software ini, kita akan mendapat kesimpulan dari kecepatan MicroSD masing-masing vendor. Dengan diambil dari data kecepatan rata-rata masing-masing MicroSD, sebagai berikut :
Data yang diperoleh dari MicroSD Samsung :

Data yang diperoleh dari MicroSD Sandisk :

            Berdasar data diatas terlihat jelas perbedaan dari MicroSD Samsung dan Sandisk. Terlihat bahwa Sandisk lebih unggul dibanding Samsung. Kecepatan yang terlihat pun cukup jauh berbeda, hampir 10MB-an. Tentu kecepatan ini cukup jauh mengingat kebutuhan kecepatan data pada saat ini.
           
           
Berdasar beberapa percobaan diatas, dapat kita peroleh kesimpulan bahwa kecepatan pada memori tergantung beberapa faktor, salah satunya ukuran file yang ditulis dan dibaca. Dari ketiga percobaan tersebut dapat dilihat perbedaan dan keunggulan dari masing-masing MicroSD. Apabila hendak memilih memori yang cukup stabil kita dapat memilih MicroSD keluaran Samsung, sedangkan apabila kita menginginkan kecepatan yang tinggi kita dapat memilih Sandisk untuk menjadi memori andalan kita. Tentu ini tergantung kebutuhan dari masing-masing individu.
Dengan diperolehnya kesimpulan pada percobaan kali ini, maka saya tutup review saya ini. Apabila ada kesalahan kata, ketidak-tepatan dan ketidak-akuratan tes yang saya lakukan saya mohon maaf. Saya mohon maaf yang seikhlas-ikhlasnya.

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar