Review Zahir Accounting 6
PT Zahir Internasional ialah perusahaan pembuat dan pengembang peranti
lunak akuntansi dengan nama Zahir Accounting sejak tahun 1996 yang diasaskan
oleh putra bangsa Indonesia. Zahir Accounting diberdayakan oleh tim terbaik dan
inovator cerdas meliputi programmer andal yang membuat produk hebat, tim
implementasi yang berpengalaman membangun sistem di berbagai bisnis, dan staf
dukungan pelanggan yang memberi pelayanan terbaik.
Zahir Accounting Versi 1.0 dibuat kali pertama pada tahun 1996. Pada
tahun 1997 ia dikembangkan menjadi versi 2.0 dan dipasarkan pada tahun 1999.
Sejak dipasarkan, Zahir Accounting menjadi perhatian bagi para pengusaha yang
memang memerlukan software akuntansi untuk menunjang pencatatan keuangan
bisnisnya dengan mudah, cepat, dan tepat.
Seiring dengan semakin tingginya kebutuhan perusahaan akan software
bisnis, pengembangan software dan layanan purnajual pun terus dilakukan secara
berkesinambungan. PT Zahir Internasional telah menciptakan beragam software
berdasarkan fungsinya masing-masing antara lain Zahir Accounting 6, Zahir Point
of Sale (POS) 6, Zahir POS Mobile, Zahir Report Server 6, dan Zahir Sales Order
Mobile. Di sini kami menyebutnya sebagai The Best Business Management Software.
PT Zahir Internasional juga turut berperan serta dalam bidang pendidikan
dengan giat menyediakan software Zahir Accounting ke sekolah menengah (SMA/ MA/
SMK) dan perguruan tinggi sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan
(Corporate Social Responsibility/ CSR). Sampai dengan saat ini Zahir Accounting
telah digunakan di lebih dari 30 perguruan tinggi ternama di Indonesia.
Zahir merupakan software manajemen bisnis dan keuangan berbahasa
Indonesia dan Inggris, fleksibel, berfasilitas lengkap, dan berdaya guna
tinggi, yang dirancang agar tepat dengan kebutuhan perusahaan kecil, menengah,
dan besar di Indonesia bahkan mancanegara.
Perkembangan versi dan
penghargaan Zahir Accounting
Software
akuntansi Zahir Accounting diciptakan.
1997
Software
akuntansi Zahir Accounting dikembangkan ke versi 2.0
1999
Software
akuntansi Zahir Accounting mulai dipasarkan.
2002
Meraih
penghargaan Merit Award pada kompetisi APICTA Indonesia 2002.
2003
Meraih
penghargaan APICTA Indonesia 2003 sebagai Best of The Best Application.
Meraih penghargaan
tertinggi bidang ICT Indonesia.
2004
Meraih
penghargaan APICTA Indonesia 2005 (Asia Pasifik ICT Award).
2005
Peluncuran
perdana Zahir Small Business Accounting Versi 5.0
Peluncuran Zahir
Merdeka Versi 5.0 (Non-Beta)
2006
Peluncuran
software Zahir Accounting Versi 5.1
Penghargaan Best
Enterprise 50 Majalah SWA.
2007
Peluncuran
layanan baru ZahirSMS 0817-91-ZAHIR (92447).
2008
Peluncuran Zahir
POS (Point of Sale) Versi 5.1
Peluncuran
produk baru Zahir Report Server 5.1
Website helpdesk
Zahir Support Centre diluncurkan.
PT Zahir
Internasional bergabung dengan Business Software Alliance (BSA).
2009
Peluncuran
produk baru Zahir Payroll 1.0
2010
Meraih
Sertifikat ISO 9001:2008
2011
Website Zahir
versi mobile diluncurkan.
2013
Peluncuran Zahir
POS 6.
Peluncuran Zahir
POS Mobile.
2014
Peluncuran Zahir
Accounting 6 pada 1 Maret 2014.
Peluncuran Zahir
Sales Order Mobile.
Peluncuran Zahir
Enterprise Plus (ZEP) sebagai solusi software ERP Indonesia.
2015
Peluncuran
halaman Zahir Online Shop (ZOS), halaman belanja Online Zahir Accounting.
Peluncuran Modul
Produksi untuk proses produksi yang lengkap.
Peluncuran Zahir
Online,produk Zahir Accounting berbasis web dan online.
* scan dari brosur Zahir
Accounting pada 1 November 2015
Hingga kini Zahir Accounting
telah digunakan oleh lebih dari 30.000 perusahaan berskala kecil, menengah, dan
besar dengan 50.000-an pengguna (user / lisensi) di Indonesia serta
mancanegara. Jumlah itu pun semakin bertambah. Saat ini Zahir juga sudah banyak
tersebar di lebih dari 30 kota di Indonesia dalam wujud kantor pusat atau
cabang, gerai, agen, dan reseller.
* scan dari brosur Zahir
Accounting pada 1 November 2015
* scan dari brosur Zahir
Accounting pada 1 November 2015
Dashboard
Modul Data-data
Modul Pembelian
Modul Kas-Bank
Modul Persediaan
Modul Standard
Merupakan modul pada tiap-tiap
menu utama halaman, menu ini dapat dibuka tergantung paket yang digunakan.
ü Transaksi jasa
ü Persediaan/inventory
ü Proyek
ü Departemen
ü Aktiva tetap
ü Giro mundur (pencatatan untuk transaksi giro)
ü Retur
ü Assembly
ü Deassembly
ü Pergerakan persediaan/inventory movement
ü Kas dan bank
ü Rekonsiliasi bank
Fasilitas Data
Merupakan opsi tambahan atas
data-data utama perusahaan.
ü Klasifikasi data
ü Serial number
ü Lot number
ü Akun alias name
ü Product alias name
Fasilitas Multi
ü Multi fase proyek
ü Multi satuan
ü Multi currency
ü Multi warehouse
ü Multi tax
ü Multi price
ü Multi discount
ü Multi fraksi
ü Multi komisi penjualan
ü Multi biaya kirim
ü Multi delivery order
Fasilitas Laporan
ü Satuan laporan
ü Desain laporan
ü Custom aging schedule
ü Export Laporan
ü Laporan bisa diklik
ü Faktur pajak
Fasilitas Extra
ü Konsinyasi
ü Purchase request
ü Purchase order
ü Sales quotation
ü Sales order
ü Business Analysis
ü Reminder
ü Grafik
ü Predictive entry
ü Auto purchase order
ü Sinkronisasi
Fasilitas
Transaksi Extra
ü Nomor bukti transaksi
ü Delivery status
ü Delivery notes
ü Distribusi biaya import
ü Transaksi berulang
ü Final discount
Tambahan
ü Point of Sale 6.0
ü
Zahir report server
Limitasi
ü Tidak bisa set klas akun
ü Max 5 user concurent
ü Max 100jt sales omzet
ü Max 1000 item barang
ü Max 1000 transaksi
Transaksi jasa
Sangat cocok untuk perusahaan yang bergerak dibidang jasa dapat digunakan
untuk pencatatan transaksi pembelian dan penjualan yang bersifat jasa, artinya
proses pembelian tidak melibatkan data stock atau persediaan, baik yang
dilakukan secara tunai maupun dilakukan secara kredit. Dengan fasilitas ini
kita dapat mencatat pendapatan jasa dan pembelian atau pengeluaran biaya atas
jasa yang dikerjakan. Jika transaksi dilakukan secara kredit anda dapat melihat
informasi hutang dan piutang yang terjadi atas transaksi tersebut.
Persediaan/inventory
Sangat cocok untuk perusahaan dagang dan dapat digunakan jika transaksi
diperusahaan melibatkan stock atau persediaan serta memerlukan kontrol atas
data persediaan yang digunakan dalam transaksi pembelian, penjualan dan
penyesuaian atas persediaan. Dengan adanya fasilitas ini kita dapat mengetahui
saldo untuk masing-masing produk dari laporan buku besar persediaan. Selain itu
kita dapat mengetahui laporan analisa produk yang banyak terjual atau justru
tidak laku sehingga dapat membantu kita untuk pengambilan keputusan atas produk
tertentu.
Proyek
Cocok untuk kontraktor yang bekerja atas dasar proyek. Fasilitas modul
proyek dapat digunakan untuk mengalokasikan setiap transaksi pendapatan dan
biaya dari masing-masing proyek dengan sangat terperinci. Setiap transaksi yang
berhubungan dengan proyek akan dicatat dan dihubungkan ke proyek yang
bersangkutan, sehingga hasilnya anda dapat mengetahui informasi laporan laba
atau rugi untuk masing-masing proyek. Selain itu kita bisa membandingkan antara
anggaran dari masing-masing proyek dengan realisasi transaksi atas proyek
tersebut.
Departemen
Fasilitas ini digunakan untuk mengelola transaksi dari masing-masing
departemen/divisi atau unit usaha di perusahaan. Sehingga nantinya anda bisa
mengontrol transaksi dari masing-masing department dengan menghubungkan
transaksi yang dicatat ke departemen atau divisi yang sesuai dengan transaksi
di masing-masing departemen atau divisi tersebut. Kita juga dapat mengetahui
informasi laporan laba rugi dari transaksi dimasing-masing department.
Aktiva tetap
Sangat bermanfaat untuk mengelola harta tetap yang dimiliki perusahaan
dan membantu dalam penghitungan beban penyusutan perbulan, akumulasi beban dan
nilai buku. Fasilitas harta tetap atau fixed asset dapat memudahkan anda dalam
mengelola dan menghitung penyusutan dari masing-masing harta tetap yang
dimiliki oleh perusahaan. Sehingga kita dapat memperoleh informasi dari nilai
buku untuk masing masing harta tetap.
Giro mundur
Fasilitas giro mundur digunakan untuk mencatat transaksi baik penerimaan
bank atau pengeluaran bank yang menggunakan cek atau giro. Dengan fasilitas ini
kita dapat dengan mudah mengotrol cek dan giro. Anda juga dapat mencatat transaksi
pencairan atas giro tersebut.
Retur
Fasilitas retur terdiri dari retur pembelian dan retur penjualan, dengan
adanya fasilitas ini anda dapat mencatat pengembalian dari transaksi pembelian
atau penjualan yang disebabkan karena barang yang dikirim atau diterima tidak
sesuai dengan pesanan atau dalam keadaan kurang baik.
Assembly (autobuild)
Fasilitas assembly (perakitan) dapat memudahkan kita untuk melakukan
pencatatan produksi dari suatu produk yang sudah ditentukan komponen atau
material penyusun untuk produk tersebut. Sehingga kita dapat melakukan proses
pencatatan produksi dari suatu produk secara otomatis sesuai dengan komponen
penyusun yang sudah ditentukan sebelumnya. Pertama anda perlu menentukan
terlebih dahulu komposisi produk yang akan dirakit. Dengan adanya fasilitas
assembly/perakitan, kita tinggal menginput jumlah produk yang akan diproduksi,
sehingga zahir akan otomatis menghitung jumlah produksi dan jumlah material
yang digunakan dalam produksi tersebut sesuai dengan komposisi yang telah
ditentukan sebelumnya.
Deassembly
Fasilitas deassembly merupakan kebalikan dari fasilitas assembly, fungsi
dari fasilitas deassembly adalah koreksi untuk transaksi assembly yang sudah
pernah dilakukan sebelumnya, sehinnga produk-produk yang digunakan dalam proses
assembly akan kembali kepada nilai semula)
Pergerakan
persediaan/inventory movement (Fasilitas ini merupakan cara manual dari
perakitan (assembly) memudahkan kita untuk mencatat transaksi produksi suatu
barang. kita tinggal menentukan jumlah produk yang dibutuhkan untuk memproduksi
suatu barang dan jumlah barang yang diproduksi. Maka harga pokok dari barang
yang diproduksi dapat dihitung secara otomatis dari acuan harga pokok produk
yang digunakan untuk produksi.
Kas dan bank
Modul kas & bank terdiri dari fasilitas transfer kas, kas masuk, dan
kas keluar.Modul Transfer Kas merupakan alat bantu untuk memudahkan pencatatan
pemindahan saldo kas/bank dari satu perkiraan kas/bank ke perkiraan kas/bank
lainnya. Misalnya untuk mencatat Setoran uang kas ke bank.Modul Kas Masuk
digunakan untuk mencatat transaksi penerimaan kas/bank. Misalnya pencatatan
transaksi pendapatan sewa dari pihak lain Modul Kas Keluar digunakan untuk
mencatat transaksi pengeluaran kas/bank. Misalnya pencatatan transaksi pengeluaran
biaya listrik.
Rekonsiliasi bank
Rekonsilasi digunakan untuk mencocokan pencatatan saldo rekening koran
yang diterima dari bank dengan pencatatan menurut pembukuan perusahaan, kita
dapat melakukan pencocokan transaksi di zahir dengan rekening koran bank yang
anda terima setiap bulannya. Kita dapat melakukan penyesuaian atas pencatatan
transaksi bank pada zahir accounting, jika terdapat perbedaan pencatatan antara
rekening koran bank dengan pencatatan transaksi di bank pada zahir accounting.
Karena bisa saja terjadi suatu transaksi bank yang sudah tercatat di rekening
koran bank, namun perusahaan belum mencatat transaksi tersebut pada zahir
accounting atau sebaliknya.
Klasifikasi data
Fasilitas klasifikasi data dapat memudahkan anda dalam pengelompokkan
data nama alamat pelanggan, supplier, karyawan dan pihak lainnya. Selain itu
fasilitas klaisifikasi data dapat digunakan untuk pengklasifikasian data
produk. Misalnya anda membagi pelanggan berdasarkan klasifikasi wilayah
pemasaran, maka anda dapat mengetahi informasi laporan penjualan untuk
masing-masing pelanggan berdasarkan wilayah pemasaran.
Serial number
Fasilitas serial number atau nomor seri digunakan untuk produk-produk
yang dalam pencatatannya menggunakan nomor seri selain nomor kode produk
seperti handphone, produk-produk elekronik, kendaraan dan sebagainya. Sehingga
anda dapat melakukan transaksi pembelian dan penjualan sesuai dengan acuan
nomor seri produk yang bersangkutan. Dengan fasilitas ini anda dapat mengetahui
informasi nomor seri yang tersedia dan nomor seri yang sudah terjual.
Lot number (tanggal kadaluarsa)
Fasilitas lot number digunakan jika anda mempunyai produk-produk dengan
masa kadaluarsa seperti makanan dan obat-obatan. Dengan fasilitas ini anda
dapat mengontrol persediaan yang sudah tidak bisa di gunakan atau masa
kadaluarsanya sudah habis (expire). Sehingga ketika terjadi transaksi
penjualan, akan terdapat informasi atas tanggal kadaluarsa dari produk yang
dijual. Fasilitas ini membantu anda untuk menampilkan laporan nomor lot dan
tanggal kadaluarsa dari produk.
Akun alias name
Kita dapat
menggunakan dua nama akun untuk satu akun yang sama. Misalnya kita memerlukan
untuk membuat akun dengan bahasa Indonesia dan bahasa inggris, sehingga
nantinya anda dapat menampilkan laporan dengan menggunakan nama akun dengan
bahasa Indonesia dan akun dengan bahasa inggris.Anda dapat menggunakan
fasilitas akun alias name jika kita membutuhkan format laporan keuangan
menggunakan 2 bahasa, caranya sangatlah mudah, anda tinggal membuat dua akun
sesuai dengan kebutuhan. Misalnya kita membuat akun untuk kas kecil lalu anda
membuat alias name untuk akun tersebut yaitu petty cash. Dengan cara tersebut
kita bisa menampilkan laporan keuangan dalam format standar bahasa indonesia
atau bahasa lain yang ditentukan sesuai dengan nama akun alias keinginan anda.
Product alias name
Fasilitas ini digunakan jika produk memiliki kode dan deskripsi lain
selain kode dan deskripsi barang utama. Sehingga anda dapat menggunakan kode
dan deskripsi utama produk dan alias untuk kode dan deskripsi ketika menginput
transaksi.
Grup barang
Group barang digunakan untuk pengelompokkan produk berdasarkan kategori
tertentu, misalnya anda ingin mengkategorikan produk berdasarkan jenis, ukuran,
warna dan sebagainya. Dengan adanya pengelompokkan berdasarkan group dapat
dengan mudah mendapatkan informasi dari laporan detaik terkait dengan group
barang tersebut)
Standar term of
sales (Dengan fasilitas standar term of sales kita dapat menentukan secara
otomatis untuk term atau syarat penjualan dan jatuh tempo dari masing-masing
pelanggan. Dengan fasilitas ini kita juga dapat menentukan persentase diskon
awal, hari diskon, hari jatuh tempo dan persentase denda keterlambatan
pembayaran piutang untuk masing-masing pelanggan. Fasilitas ini membantu kita
menampilkan syarat pembayaran standar secara otomatis untuk transaksi penjualan
atas pelanggan yang bersangkutan.
FIFO, LIFO and Average (metode pencatatan persediaan)
Ada beberapa metode perhitungan harga pokok persediaan diantaranya FIFO,
LIFO dan Average. Dengan menggunakan fasilitas ini, kita dapat menentukan
perhitungan harga pokok untuk suatu produk sesuai dengan metode yang
diinginkan. Metode FIFO akan memperhitungkah harga pokok produk berdasarkan
produk yang pertama kali masuk digudang, metode LIFO akan memperhitungkan harga
pokok produk berdasarkan produk yang terakhir kali masuk di gudang. Kita tidak
perlu lagi menghitung harga pokok dari masing-masing produk. Zahir akan
menghitung nilai harga pokok secara otomatis dari masing-masing produk sesuai
dengan metode perhitungan harga pokok yang telah ditentukan sebelumnya.
Multi fase proyek
Membantu kita untuk mencatat transaksi yang berhubungan dengan tahapan
pengerjaan (fase) proyek. Dengan ada fasilitas ini kita dapat menentukan
anggaran biaya dan anggaran pendapatan pada masing-masing tahapan (fase)
pengerjaan proyek tersebut. Selain itu kita juga dapat mencatat transaksi riil
yang berhubungan dengan biaya yang dikeluarkan dalam setiap fase dan pendapatan
yang diterima pada setiap fase pengerjaan proyek.
Multi satuan
Fasiltas multi satuan digunakan jika transaksi diperusahaan menggunakan
lebih dari satu satuan pengukuran dan konversi satuan untuk masing-masing
satuan pengukuran tersebut. Misalnya kita membuat satuan pengukuran untuk gram,
kilgoram, centimeter, meter, pcs, box dan sebagainya. Kita bisa menentukan
satuan pengukuran tersebut dan konversi dari masing-masing satuan pengukuran
yang digunakan.
Multi currency
Memudahkan untuk menggunakan lebih dari satu mata uang dalam transaksi.
Kita hanya perlu membuat data mata uang dan konversi terhadap mata uang utama
sehingga ketika transaksi menggunakan mata uang asing, zahir akan mengkonversi
secara otomatis transaksi tersebut berdasarkan acuan kurs tukar mata uang asing
terhadap mata uang utama.
Multi warehouse
Untuk perusahaan yang memiliki lebih dari satu gudang penyimpanan untuk
produk. Dengan fasilitas ini kita dapat menginput transaksi pemindahan produk
dari satu gudang ke gudang lainnya, dan kita dapat mencatat transaksi dari
masing-masing gudang, hasilnya kita dapat mendapatkan informasi stock /
persediaan dari masing-masing gudang tersebut.
Multi tax
Digunakan jika terdapat dua atau lebih pajak yang dikenakan pada
transaksi baik pembelian maupun penjualan, contohnya dalam transaksi penjualan
dikenakan pajak PPN dan PPH23. Untuk menginput transaksi tersebut anda perlu menggunakan
fasilitas multi tax.
Multi price
Untuk menampilkan harga yang berbeda-beda dari masing-masing golongan
pelanggan untuk satu produk yang sama. Zahir accounting dapat menampilkan harga
jual otomatis untuk produk yang sama namun untuk pelanggan yang berbeda.
Misalnya harga jual dari suatu produk dibedakan atas distributor, agen,
pengecer atau pembeli akhir.
Multi discount
Untuk transaksi yang menggunakan tingkatan discount lebih dari satu. Kita
bisa menerapkan lebih dari satu diskon dengan acuan perhitungan dari nilai
setelah diskon sebelumnya. Acuan penerapan discount bertingkat adalah golongan
pelanggan dan jumlah barang yang dibeli. Jika transaksi memenuhi syarat yang
telah ditentukan maka discount bertingkat akan otomatis tampil dalam transaksi
tersebut.
Reminder
Fasilitas reminder berguna untuk mengetahui informasi seperti jatuh tempo
hutang, piutang, jatuh giro, serta informasi produk yang stocknya sudah
mendekati nilai minimum stock.
Grafik
Dengan fasilitas ini dapat memudahkan kita untuk mengetahui performa dari
pelanggan, pemasok dan karyawan dalam bentuk grafik penjualan, pembelian, dsb
disamping itu anda juga dapat mengetahi performa dari masing-masing produk
berupa grafik penjualan produk.
Dukungan yang disediakan
oleh Zahir Accounting berbagai macam mulai dari support centre, forum
komunitas, FAQ yang telah disediakan pada website Zahir Accounting, hingga
email, live chat, maupun telepon. Dukungan yang diberikan pun cukup lengkap dan
waktu yang disediakan bahkan sampai satu minggu, yaitu hari senin hingga
minggu.
* website Zahir
Accounting pada 7 November 2015
1. Bahasa Indonesia dan support lengkap
Zahir Accounting menggunakan
bahasa Indonesia yang mudah dimengerti (Terdapat menu untuk memilih bahasa).
Selain itu support yang diberikan juga sudah cukup lengkap.
2. Lebih Mudah Digunakan
Zahir Accounting lebih mudah,
lebih simple dan tidak rumit dibanding MYOB. Dan dari pernyataan telah mencoba
atau review dari yang membeli Zahir, sebelumnya mereka memakai software import,
memang Zahir lebih mudah dipakai.
3. Sistem Akuntansi Sesuai Standar Indonesia
Sistem yang digunakan Zahir lebih
sesuai untuk Indonesia, menggunakan laporan jurnal dengan format debet-kredit,
yang bisa diaudit dan sesuai dengan standar akuntansi Indonesia (sistem double
entry).
4. Tim Support ada di Indonesia
Apabila membeli software import seperti
MYOB supportnya pun akan lebih sulit dibanding Zahir yang tim support berada si
Indonesia.
5. Sistem Perpajakan
Anda dapat dengan mudah mencetak
faktur pajak sederhana dan standar menggunakan Zahir Accounting karena form
faktur pajak telah disediakan, cukup input penjualan dan bisa langsung cetak
faktur pajak.
6. Mudah membuat Laporan
Pada saat menampilkan laporan
keuangan, klik pada nilai yang tampil maka akan ditampilkan rincian transaksi,
dan klik lagi untuk menampilkan transaksi aslinya. Sangat mudah diterapkan dan
dicoba, bahkan bagi saya yang baru mencoba.
7. Dijual Secara Rakitan
Zahir merupakan software yang
bisa dirakit, dengan fasilitas yang bisa dipilih, sehingga pelanggan hanya
membayar apa yang dipakai saja, tanpa menimbulkan kesan Zahir adalah software
murahan.
8. Fasilitas Unik yang mirip pada MYOB
Seperti
MYOB yang memiliki fasilitas Serial Number, Lot Number dengan Expire Date,
Sinkronisasi Data Antar Cabang, Auto Purchase order, dan berbagai fasilitas
unik lainya ada di Zahir Accounting, bahkan lebih lengkap.
9. Jumlah Digit Transaksi lebih besar
Hampir
sebagian besar software import seperti MYOB dengan harga dibawah 20 juta
memiliki keterbatasan pada jumlah digit nilai transaksi, yaitu hanya 8 digit
saja atau setara dengan Rp 99 juta. Sedangkan pada Zahir Accounting mampu
mencatat nilai transaksi hingga 15 digit atau setara dengan Rp 920 trilyun.
Ø Software
ini tidak dapat digunakan untuk menghitung secara otomatis biaya per jam maupun
biaya lain yang berhubugan dengan akuntansi biaya, seperti tidak dapat secara
otomatis menghitung biaya perjam, perburuh dan biaya lainnya.
Ø Pada
fitur Zahir Pos kurang cepat dan responsif seperti menginput transaksi, membuka
faktur, menginput produk dan mencetak faktur.
Ø Pada
Flexy Money tidak menyediakan fasilitas harga tetap, departemen maupun proyek.
Ø Kurang
cepat dalam menginput data.
Secara keseluruhan Zahir
Accounting sangat mudah dipakai, fitur atau modul yang disediakan juga sudah
cukup lengkap, hampir sama seperti MYOB bahkan lebih lengkap dan ringkas.
Tampilan yang berkesan modern (pada versi 6) ini lebih memudahkan user untuk
beradaptasi dengan software ini. Mulai dari pemasukan data, pengolahan data,
hingga pembuatan laporan sangat mudah dilakukan. Panduan yang disediakan juga
sudah sangat mudah didapat dan sangat lengkap.
Software buatan Indonesia tentu
lebih mudah dipahami dan dipakai bagi orang Indonesia, karena Zahir Accounting
juga dapat menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu software ini juga mudah
dipahami dan dipelajari bagi orang awam dan baru pertama kali mencoba. Fitur
yang diberikan pun juga cukup lengkap, dibanding MYOB jelas Zahir lebih unggul
dan lebih fleksibel. Harganya pun relatif lebih bersahabat karena dapat
disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
Brosur Zahir Accounting, didapat
ketika mengikuti Indocomtech 2015.
didapat pada 1 November
2015.
zahiraccounting.com/id/support
diakses
pada 7 November 2015, pada 09:01 WIB.
zahiraccounting.com/id/tentang-zahir
diakses
pada 7 November 2015, pada 09:11 WIB.
zahiraccounting.com/id/hubungi-kami
diakses
pada 7 November 2015, pada 09:13 WIB.
software-akuntansi-zahir.blogspot.co.id/p/kelebihan-zahir-accounting
diakses
pada 7 November 2015, pada 09:17 WIB.
estyprs.blogspot.co.id/2014/10/aplikasi-sia-myob-zahir-dea
diakses
pada 7 November 2015, pada 09:21 WIB.
sembilannaga.blogspot.co.id/2008/11/paper-zahir-accounting
diakses
pada 7 November 2015, pada 09:23 WIB.
oniririhena.blogspot.co.id/2010/11/software-akuntansi-indonesia
diakses
pada 7 November 2015, pada 09:24 WIB.
belajarzahirakuntansi.blogspot.co.id
diakses
pada 7 November 2015, pada 09:28 WIB.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar