Minggu, 15 April 2012

35 Situs Terbaik Untuk Belajar Bahasa Asing (best website for learning language)


Belajar bahasa asing di zaman sekarang ini memang sudah menjadi kebutuhan yang diperlukan. Bahasa asing merupakan cara lain untuk mengenal budaya negara lain, memperluas pandangan, bertemu orang lain, memajukan karir dan memperkaya dunia anda sendiri. Sama seperti Federico Fellini yang berkata: “A different language is a different vision of life”. Opo iki?
Internet dan komunitas online memungkinkan seseorang untuk belajar bahasa asing, memilih metode belajar yang cocok, mendapatkan akses ke sumber belajar yang sangat berharga, berlatih dengan penutur asli dan siswa lainnya dari keempat penjuru dunia.
Berikut ini 35 daftar website, komunitas dan saluran YouTube terbaik versi ilhamsk.com untuk belajar bahasa asing. Sebagian besar situs menawarkan kursus dan sumber belajar yang gratis.

Komunitas dan situs untuk belajar bahasa asing
  1. Internet Polyglot menawarkan pelajaran bahasa online gratis lebih dari 30 bahasa asing. Kebanyakan pelajaran dapat diakses secara publik. Internet Polyglot menyediakan flashcards digital sebagai cara yang populer untuk menghafal kata-kata dan makna mereka.
  2. elanguages School adalah situs untuk belajar beberapa bahasa secara online. Belajar bahasa asing seperti bahasa Hindi Arab, Finlandia, Rusia dan 10 bahasa lainnya dengan mudah menggunakan sumber daya dari berbagai sumber.
  3. LiveMocha, ini adalah situs favorit saya, adalah situs terbesar di dunia dan yang paling dikenal oleh masyarakat untuk belajar bahasa. LiveMocha menawarkan kursus bahasa secara gratis ataupun berbayar dalam 35 bahasa.
  4. Babbel menawarkan kursus online interaktif. Babbel menggabungkan teknologi terbaru dengan metode pendidikan yang efektif. Dengan menggunakan metode Babbel, pembelajar bisa dengan cepat menambah hafalan kosakata, meningkatkan tata bahasa dan pengucapan.
  5. BBC Languages menyediakan kursus audio dan video untuk bahasa Spanyol, Perancis, Jerman, Italia, Portugis dan Cina serta beberapa bahasa lainnya dan ada juga tips yang diberikan. Jika anda sedang mempersiapkan untuk perjalanan bisnis atau liburan, anda dapat belajar dan mengambil frase penting di BBC Languages yang tersedia dalam 40 bahasa yang bisa didengarkan di mp3 player atau untuk di-printout.
  6. Busuu adalah komunitas belajar bahasa yang menawarkan kursus bahasa dan pelajaran yang interaktif. Peserta dapat langsung berkomunikasi dengan penutur asli untuk berlatih keterampilan bahasa mereka. Situs ini menawarkan kursus bahasa dalam 9 bahasa, panduan tata bahasa yang komprehensif dan aplikasi mobile bisa di-download agar bisa belajar di mana saja.
  7. Palabea adalah sebuah situs jaringan sosial untuk berlatih, belajar, mengajar dan berkomunikasi dalam bahasa asing. Palabea menghubungkan orang di seluruh dunia untuk berbagi minat yang sama dalam belajar bahasa dan bertemu orang baru dari budaya yang berbeda.
  8. The Mixxer adalah situs pendidikan gratis untuk berinteraksi bahasa melalui Skype. The Mixxer dirancang untuk menghubungkan pembelajar bahasa di seluruh dunia sehingga semua orang bisa sebagai siswa ataupun guru.
  9. Italki adalah komunitas dan pasar belajar bahasa asing di mana pengguna dapat menemukan orang-orang dan sumber daya yang bisa membantu mereka dalam belajar bahasa asing. Member di sana menggunakan lebih dari 100 bahasa dan berasal dari lebih dari 200 negara.
 Belajar Bahasa Asing 35 Situs Terbaik Untuk Belajar Bahasa Asing
Situs untuk belajar bahasa asing tertentu
  1. The French Tutorial adalah panduan langkah demi langkah belajar bahasa Perancis secara online dan juga gratis. Pelajaran mencakup dasar-dasar, pelafalan, kosakata, tata bahasa dan Perancis sehari-hari. Tutorial mencakup lebih dari 200 file audio. Donatur dari situs web ini dapat men-download versi cetaknya.
  2. Italian language at About.com menyediakan berbagai sumber daya online untuk belajar dan berlatih bahasa Italia serta berbagai artikel tentang kebudayaan, tradisi, makanan Italia dan masih banyak lagi.
  3. Deutche Welle menawarkan kursus online gratis untuk pemula, pelajar menengah dan pelajar mahir dalam bahasa Jerman. Situs ini menyediakan banyak sumber belajar yang berguna seperti video, audio, podcast dan lembaran yang bisa dicetak.
  4. Deutch Lernen adalah kursus bahasa Jerman online yang gratis menawarkan 10 pelajaran untuk pemula dan 24 pelajaran tata bahasa untuk peserta yang sudah expert. Pelajaran disertai dengan latihan dan dua tes bahasa online.
  5. StudySpanish menawarkan tutorial gratis untuk belajar bahasa Spanyol bagi pemula, menengah dan lanjutan. Situs ini sangat berguna untuk meningkatkan tata bahasa Spanyol.
  6. Spanish at About.com adalah kumpulan artikel online dan sumber daya dengan banyaknya informasi tentang budaya Spanyol.
  7. Chinese Tools menyediakan 40 pelajaran bahasa Cina Mandarin secara online dengan audio termasuk menulis, berbicara, membaca, kosakata, tata bahasa, kaligrafi dan latihan. Ada juga banyak sumber daya dan alat-alat seperti kamus bahasa Inggris-Cina, editor opini, forum dan masih banyak lagi.
  8. Learn Chinese adalah situs yang menyediakan program pembelajaran bilingual online dalam bentuk flash yang terdiri dari 30 pelajaran. Kursus ini mencakup preview kata-kata baru dan ekspresi dalam pelajaran, penjelasan poin-poin yang sulit, demonstrasi dialog, latihan, kosakata, fonetik, kiat-budaya, dll.
  9. Russian for free menawarkan kursus bahasa Rusia dengan audio dengan speaker bahasa Inggris yang meliputi kursus dasar, panduan membaca langkah demi langkah dan contoh kasus bahasa Rusia. Situs ini menyediakan banyak sumber daya yang berguna dan menyenangkan seperti pelajaran video, tabel kata benda Rusia, alfabet audio dan frase cinta. Les privat melalui Skype yang tersedia sayangnya program berbayar.
  10. Learn Japanese ditujukan untuk mengajar bahasa Jepang ke Inggris dalam bentuk speaking ke pembelajar. Learn Japanese menggunakan berbagai sumber daya dari situs, pengguna dapat dengan mudah nihongo o narau.
  11. Learn the Kana mengajarkan dua script dasar menulis bahasa Jepang untuk membantu mereka yang ingin belajar bahasa Jepang.
  12. English Club online membantu dalam belajar dan mengajar bahasa Inggris. Sumber daya untuk pelajar termasuk tetapi tidak terbatas pada pelajaran, kuis, video, game dan halaman yang menyenangkan. Guru dapat menemukan dan menggunakan rencana pembelajaran, lembar kerja, forum dan pekerjaan.
  13. Exam English menyediakan tes latihan gratis untuk tes ESL/EFL yang paling penting: IELTS, TOEFL, TOEIC dan ujian ESOL Cambridge seperti FCE, CAE dan PET.
  14. Ello adalah library belajar listening bahasa Inggris secara online. Fokusnya adalah pada keterampilan mendengarkan dan kegiatan termasuk multimedia, file MP3 yang gratis, catatan dan tugas kosakata bahasa.
  15. Fun Easy English adalah sebagian besar difokuskan pada pengetahuan dasar dan tips mengajar. Materi pembelajaran gratis untuk pelajar termasuk video belajar yang banyak untuk meningkatkan pengucapan, idiom, bahasa gaul, tata bahasa dan masih banyak kegiatan yang menyenangkan lainnya.
  16. VocabSushi, seperti namanya, membantu pengguna untuk memperluas kosa kata mereka dengan contoh-contoh yang ada di dunia nyata dan membantu persiapan diri untuk ujian seperti GRE atau SAT. Trialnya tersedia secara gratis. Pengguna yang lebih suka belajar di mana saja dapat men-download aplikasi gratis untuk iPhone dan iPod Touch.

Belajar bahasa asing melalui YouTube Channel
  1. The Travel Linguist berisi video pelajaran yang terorganisir dalam playlist untuk belajar 17 bahasa yang berbeda termasuk Portugis, Spanyol Ibrani, Turki, Jepang, Italia, Polandia, Yunani, Thailand dan Perancis.
  2. GermanPod101 adalah sebuah videocast/podcast pembelajaran bahasa dan budaya Jerman. Sebagian besar video pembelajaran diarahkan untuk pengguna pemula dari bahasa Jerman. Pelajaran kurang dari 3 menit.
  3. Deutsch Online Lernen menawarkan serangkaian 20 video pembelajaran dasar bahasa Jerman. Setiap pelajaran berdurasi 8 menit.
  4. French Pod101 memiliki lima seri pelajaran untuk belajar bahasa Prancis dengan tepat yang didukung dengan 101 video yang di-upload.
  5. Imagiers adalah saluran yang sangat baik dengan banyaknya bahan video untuk belajar bahasa Perancis.
  6. Spanish with Rosio berisi video untuk penutur Spanyol yang ingin belajar bahasa Inggris dan penutur Inggris yang ingin belajar bahasa Spanyol.
  7. EF podEnglish channel paling cocok untuk pelajar pemula bahasa Inggris, tetapi juga berguna bagi siswa menengah dan tingkat lanjut juga. Video pelajaran yang sangat terorganisir dengan baik dan topik seperi keluarga, petunjuk arah, waktu, cuaca, belanja bahan makanan, teman, hubungan dan teknologi.
  8. Private English Portal adalah situs yang paling cocok untuk pengguna yang ingin meningkatkan pengucapan mereka, bisnis Inggris atau mempersiapkan diri untuk ujian seperti TOEFL atau IELTS. Saluran berisi lebih dari 100 pelajaran video dan memiliki lebih dari 20.000 pengguna yang terdaftar.
  9. Learn English Idioms berisi pelajaran gratis untuk memajukan pengetahuan bahasa Inggris dengan idiom baru yang biasanya dalam bentuk sketsa komedi.
  10. LinguaSpectrum adalah saluran berguna dan menyenangkan bagi pelajar bahasa Inggris. Topik pelajaran yang cukup unik, seperti darah, hewan merayap melata, Sherlock Holmes, pergi ke toilet, idiom jantung, dan sebagainya. Peserta didik juga dapat menemukan link ke saluran bahasa lain seperti Use Phrasal Verbs atau Irregular English Verbs.

Nah, itulah 35 situs yang dirangkum secara spesial untuk anda yang ingin belajar bahasa asing secara online dan gratis tentunya. Ada yang sudah pernah mencobanya? Anda bisa ceritakan pengalaman anda atau punya situs belajar bahasa asing lainnya? Silahkan bagikan infonya lewat komentar di bawah ini.
Semoga bermanfaat 

source : http://ilhamsk.com/35-situs-terbaik-untuk-belajar-bahasa-asing/

1 komentar:

  1. Terima kasih untuk daftar situs yang bagus. Saya akan menambahkan satu lagi, dengan mengklik tautan Anda dapat mengikuti tes gratis untuk menentukan level bahasa Rusia.
    https://golearnrussian.com/free-online-test/
    Ini adalah situs sekolah bahasa Rusia online. Saya sangat suka bagaimana pelatihan berlangsung di sana, hasilnya sangat bagus

    BalasHapus