Selasa, 08 Mei 2012

Tweaking Windows Menggunakan Software Gratis


Tweaking Windows Menggunakan Software Gratis


Komputer kita yang berbasis sistem operasi Windows sejak awal penggunaannya sudah dirancang oleh pabrik pembuatnya agar bekerja optimal sesuai kriteria dan standar yang ada. Namun, bagi mereka yang ingin lebih mengoptimalkan fungsi-fungsi tersembunyi dari Windows dapat melakukan sedikit tweaking atau memodifikasi fungsi tertentu agar optimal kinerja Windows sebagaiman mestinya atau bahkan meningkatkan performa komputer kita yang mulai terasa lamban.
Tweaking Windows Menggunakan Software Gratis Image
Berikut beberapa langkah mudah yang bisa lakukan sendiri secara manual di rumah. Berikut langkah Optimalisasi Windows untuk mempercepat kinerja Komputer:
Menonaktifkan fitur Start Up
Dengan banyaknya program di komputer kita dan banyak diantaranya yang secara default mengaktifkan fungsi auto startup dengan tujuan mempermudah proses loading program tersebut. Namun pada kenyataannya hal ini menyebabkan pada saat startup, Windows harus me-loading semua program tersebut pada saat booting, sehingga proses booting pun menjadi lama.
Untuk itu, kita bisa menonaktifkan fitur sartup ini dengan cara  klik Menu>rRun>ketik Msconfig>OK>pilih menu Start Up>hilangkan semua centang pada Start up kecuali program yang ingin kita munculkan>klik menu service >hilangkan centang pada Automatic Updates>aplly >ok> Restart Windows.
Optimasi Pada Registry
Tujuannya agar mengoptimalisasi register Windows kita agar kinerja Windows menjadi lebih cepat. Caranya adalaha klik : start>run> ketik regedit>ok>my computer>hkey_current user>control panel>desktop>show delay>klik kanan>modify>rubah data value mejadi 10>cari hung-up time out> rubah value datanya menjadi 5. Kemudian klik my computer>hkey_local machine>system>controlset001>control>wait to kill service>rubah valuenya menjadi 500.
Mengoptimalkan Virtual Memory
Klik start menu>control panel>system>advanced>performance setting>custom>centang “Use Drop Shadow For Icon labels on the dekstop” dan “Use Visual styles on windows and buttons>aplly>OK.
Namun selain melakukan langkah-langkah di atas yang tergolong ribet bagi orang awam, kita juga dapat melakukan proses tweaking menggunakan software khusus untuk itu, apalagi kini banyak sekali software tweaking yang beredar di internet dan banyak diantaranya yang ditawarkan secara gratis. Berikut ini adalah beberapa software tweaking gratis yang direkomendasikan:
1. Tweak N’ Tune
Software ini sangat mudah dalam penggunaannya karena kita hanya perlu mencentang/ atau tidak mencentang pada pilihan tweaking yang ada dan kemudian secara otomatis Tweak N’ Tune menjalankan fungsi yang kita inginkan. Twek N’ Tune meliputi pengaturan file system, hardware, start menu, startup, shut down,desktop dan lainnya.
Tweaking Windows Menggunakan Software Gratis Image
Namun sayangnya software gratis ini hanya mensupport Windows XP saja walaupun dalam penggunannya sangat efektif.
2. TweakNow PowerPack 2012
TweakNow PowerPack merupakan software gratis yang sangat lengkap, karena menggabungkan tiga software sekaligus dalam satu paket, yaitu: TweakNow RegCleaner 2012, TweakNow WinSecret 2012 dan TweakNow Secure Delete.
Tweaking Windows Menggunakan Software Gratis Image
Keunggulan dari TweakNow adalah lengkapnya fitur yang ada didalamnya seperti: disk cleaner, disk usage analyzer, registry cleaner,registry defragment, startup manager,system information, track cleaner, uninstall program, windows secret, restore backup. TweakNow juga dapat digunakan di berbagai versi Windows seperti Windows XP, Vista,Windows 7 dan bahkan Windows 8 dengan ukuran installer 9.1 MB.
3. Ultimate Windows Tweaker
Software yang satu ini memiliki keunggulan pada sukuran installernya yang sangat kecil yaitu 345 KB dan bekerja secara portable sehingga tidak mengganggu kinerja sistem operasi Windows secara keseluruhan. Fitur yang disediakan pun cukup lengkap yaitu sebanyak 150tweaking Windows mulai dari system information, user account, network, registry dan lainnya. Namun sayangnya software ini hanya bekerja pada Windows Vista dan Windows 7 saja.
Tweaking Windows Menggunakan Software Gratis Image4. X-Setup Pro
Mungkin ini software tweaking gratis dengan fitur tweaking terbanyak yaitu 1800 tweaking windows meliputi registry, hardware, security, start manager dan lainnya. X-Setup juga terdesia untuk semua versi Windows dari Windows 9x/NT/2000/XP/Vista dan Windows 7.
5. Advanced System Tweaker
Software ini walaupun baru hadir dalam versi pertamanya, namun Advanced System Tweaker bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kita karena fitur yang di hadirkannya cukup lengkap seperti speed optimation, windows maintenance, windows tweak serta ada utilitas khusus untuk memperbaiki error pada windows.
Dengan catatan dan beberapa software yang sudah disebutkan di atas, anda sudah punya referensi untuk melakukan yang terbaik dengan Windows anda. Mungkin awalnya alan lelihatan sulit tetapi, jika dilakukan terus menerus proses tersebut akan terasa mudah.


Read more: http://blog.fastncheap.com/tweaking-windows-menggunakan-software-gratis/#ixzz1uG8AeyqZ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar