Senin, 21 Maret 2016

Web Science (Part 1)

Web Science yang dari struktur katanya, "Web" merupakan suatu halaman informasi yang disediakan melalui jalur Internet, sehingga web dapat diakses di mana saja selama web tersebut terhubung atau terkoneksi dengan jaringan internet. Web juga dapat dikatakan sebagai alat komunikasi online yang menggunakan jaringan internet dalam pendistribusian atau penyebarannya. Web merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi dengan berbagai macam jenis. Diantaranya berupa data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik web tersebut bersifat statis maupun bersifat dinamis yang akan membentuk suatu rangkaian yang saling terkait dimana masing-masing rangkaian tersebut dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman yang disebut dengan hyperlink.     

Sementara Science erat hubungannya dengan Ilmu Pengetahuan. Menurut bahasanya, sains adalah aktivitas pemecahan masalah yang dilakukan oleh manusia yang dimotivasi oleh rasa ingin tahu tentang dunia sekitar mereka dan keinginan untuk memahami suatu hal atau kejadian tersebut.


Web science diperkenalkan pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, pada saat itu web science belum terhubung ke internet. Sekitar tahun 1991, web science pertama kali terhubung ke internet. Pada 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis di publik. Biasanya situs web ditempatkan pada server web. Umumnya server web telah dilengkapi dengan perankat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut Server HTTP seperti Apache HTTP Server atau Internet Information Services (IIS). Istilah umum yang sering Anda dengar adalah website atau situs. Website atau situs secara sederhana dapat diartikan sebagai tempat (site) dimana didalamnya terdapat informasi yang berupa teks, gambar, maupun multimedia seperti audio dan video. Website adalah ujung tombak dari sebuah struktur sistem pemrograman web karena website berisi halaman-halaman yang fungsi utamanya sebagai media interaksi antara user dengan semua informasi yang ada di dalam situs tersebut.

Kelahiran web science didorong oleh pergerakan generasi web dari web 1.0 ke web 3.0. Perbedaan utama dari generasi adalah pada web 1.0 merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media, web 1.0 masih bersifat read-only. 

Ciri-ciri Web 1.0, yaitu : 
  1. Halaman statis, bukan dinamis pengguna-konten yang dihasilkan. 
  2. Penggunaan framesets. 
  3. Milik HTML ekstensi seperti dan tag diperkenalkan pada awal perang browser.
  4. Online guestbook.
  5. GIF tombol, biasanya 88×31 piksel dalam ukuran web browser dan mempromosikan produk lain.
  6. Pengguna akan mengisi formulir, dan setelah mereka mengklik mengirimkan email klien akan mencoba untuk mengirim email yang berisi formulir rincian.
Pada web 2.0 bergerak ke arah read-write. Keuntungan dari Web 2.0 yaitu memungkinkan pengguna internet dapat melihat konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang bersangkutan. 

Ciri-ciri Web 2.0, yaitu :
  1. Web sebagai platform.
  2. Web menyediakan suatu wadah pengetahuan.
  3. Aplikasi web ini akan terupdate secara terus menerus.
  4. Model pemrogramannya ringan.
Sedangkan pada web 3.0 salah satu istilah yang digunakan untuk menggambarkan tahap evolusioner dari Web yang berikut Web 2.0.  Menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin.

Source : (.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar