Kamis, 24 Maret 2016

Web Science (Part 3)

www

Ilmu web adalah studi tentang sosio-teknis sistem berskala besar, seperti World Wide Web. Hal ini mempertimbangkan hubungan antara manusia dan teknologi, cara bagaimana masyarakat dan teknologi bergantung satu sama lain dan dampaknya pada masyarakat yang lebih luas. Ilmu web adalah ilmu secara inheren interdisipliner dan menggabungkan penelitian dari disiplin ilmu yang beragam seperti sosiologi, ilmu komputer, ekonomi dan matematika.

Definisi sebelumnya diberikan oleh ilmuwan komputer Amerika Ben Shneiderman
"Web Science" is the processing the information available on the web in similar terms to those applied to natural environment.
"Ilmu Web" adalah pengolahan informasi yang tersedia di web dalam hal yang sama dengan yang diterapkan pada lingkungan alam.
Web Institute Science menjelaskan Sains Web sebagai fokus "kekuatan analitis peneliti dari disiplin ilmu yang beragam seperti matematika, sosiologi, ekonomi, psikologi, hukum dan ilmu komputer untuk memahami dan menjelaskan Web Ini tentu interdisipliner -. Banyak tentang sosial dan perilaku organisasi seperti tentang teknologi yang mendukung. "

Ada banyak kelompok penelitian akademik yang terlibat dalam penelitian Ilmu Web, banyak yang menjadi anggota WSTNetthe Web Science Trust Network of research labs. Kesehatan ilmu web muncul sebagai sub-disiplin Ilmu Web yang mempelajari dampak web untuk kesehatan manusia dan bagaimana untuk lebih memanfaatkannya untuk meningkatkan kesehatan.
Konferensi-Konferensi Besar
     • ACM Web Science Conference
     • International World Wide Web Conference (WWW)
     • International AAAI Conference on Weblogs and Social Media (ICWSM)
     • The ACM SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems (CHI)

Sejarah Web 

Tim Berners-Lee
Pada tanggal 12 Maret 1989, Tim Berners-Lee menulis sebuah proposal untuk manajemen di CERN yang direferensikanENQUIRER, database dan proyek software yang telah dibangun pada tahun 1980, dan menggambarkan sistem manajemen informasi lebih rumit berdasarkan link yang tertanam dalam teks yang dapat dibaca. Melalui sistem seperti itu, jelasnya, bisa disebut dengan katahypertext, sebuah istilah yang katanya diciptakan pada tahun 1950-an. Tidak ada alasan, proposal berlanjut, mengapa link hypertexttersebut tidak dapat mencakup dokumen multimedia termasuk grafis, suara dan video, sehingga Berners-Lee terus mengusulkan istilah hypermedia.



NexT Computer
Sebuah NeXT Computer digunakan oleh Berners-Lee sebagai pertama di dunia web server dan juga untuk menulis web browser pertama,WorldWideWeb, pada tahun 1990. Saat Natal 1990, Berners-Lee telah membangun semua alat yang diperlukan untuk dapat menjalankan web:  web browser pertama (yang merupakan editor web juga); server web pertama; dan halaman web pertama, yang menggambarkan proyek itu sendiri.

Source : ( . )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar