Jumat, 11 Mei 2012

Alat keseimbangan atau Ekuilibrium

Alat keseimbangan atau Ekuilibrium

Alat keseimbangan berbentuk seperti kantong kecil sakula dan utrikula serta mempunyai 
tiga saluran setengah lingkaran. Pangkal saluran setengah lingkaran membesar disebut ampula. Di dalam ampula terdapat cairan limfa dan batu keseimbangan yang disebut otolit. Bila posisi tubuh berubah, cairan limfa dalam ampula juga berubah. Perubahan ini menyebabkan otolit bergerak. Selanjutnya, otolit akan merangsang sel-sel saraf yang kemudian akan meneruskan impuls ke saraf keseimbangan yang terdapat pada statoreseptor.
Saraf pendengaran dalam koklea dan saraf keseimbangan akan bersatu membentuk nervus ke VIII. Keseimbangan tubuh tidak hanya diatur oleh alat keseimbangan, tetapi juga dipengaruhi oleh saraf pengelihatan, rangsangan yang diterima tapak kaki, dan juga rangsangan pada proprioseptor.
Bila seseorang berputar cepat-cepat, dan kemudian berputar cepat-cepat, dan kemudian berhenti mendadak, akan timbul rasa pening. Hal ini dapat terjadi karena pada saat tubuh berputar, terjadi guncangan cairan pada saluran gelung dengan cepat. Begitu berhenti berputar, cairan akan kembali pada posisi semula, sehingga terjadilah konflik sensori yang menyebabkan timbul rasa pening. Pada beberapa orang, gerakan retmis yang regular dapat menimbulkan sensasi tidak nyaman pada seluruh tubuh, misalnya berada dalam kereta api atau mobil. Gejala itu disebut motion sickness.
  Susunan dan Cara Kerja Alat Keseimbangan
Bagian dari alat vestibulum atau alat keseimbangan berupa tiga saluran setengah lingkaran yang dilengkapi dengan organ ampula (kristal) dan organ keseimbangan yang ada di dalam utrikulus clan sakulus.
Ujung dari setup saluran setengah lingkaran membesar dan disebutampula yang berisi reseptor, sedangkan pangkalnya berhubungan dengan utrikulus yang menuju ke sakulus. Utrikulus maupun sakulus berisi reseptor keseimbangan. Alat keseimbangan yang ada di dalam ampula terdiri dari kelompok sel saraf sensori yang mempunyai rambut dalam tudung gelatin yang berbentuk kubah. Alat ini disebut kupula. Saluran semisirkular (saluran setengah lingkaran) peka terhadap gerakan kepala.
Alat keseimbangan di dalam utrikulus dan sakulus terdiri dari sekelompok sel saraf yang ujungnya berupa rambut bebas yang melekat pada otolith, yaitu butiran natrium karbonat. Posisi kepala mengakibatkan desakan otolith pada rambut yang menimbulkan impuls yang akan dikirim ke otak.
Gangguan keseimbangan pada telinga
Kepala Pusing Berputar ( Vertigo )

Keadaan ini umumnya terjadi secara tiba-tiba. Keadaan yang dirasakan seperti adanya rasa goyang, rasa goyang setelah gerakan kepala, pusing berputar, mumet/pening dan rasa seperti melayang (istilah medis : Vertigo), keadaan ini dapat juga disertai rasa mual dan sampai muntah.

Dimana gangguan keseimbanga ini 80% diakibatkan adanya gangguan pada alat keseimbangan di telinga dalam, sisanya dapat terjadi di sentral (otak).

Sistem keseimbangan kita sangat dipengaruhi oleh penglihatan, sistem keseimbangan di telinga dalam dan sistem otot rangka tubuh (untuk mempertahankan gravitasi tubuh).

Gejala akibat gangguan keseimbangan pada telinga umumnya : vertigo yang cukup berat, sangat berpengaruh akibat gerakan kepala, buka mata biasanya menjadi lebih ringan, kadang disertai gangguan pendengaran, rasa mual yang berat dan disertai muntah.

Penyakit gangguan keseimbangan pada telinga banyak penyebabnya. Salah satu gangguan keseimbangan yang sering terjadi adalah rasa berputar mendadak akibat perubahan posisi kepala (istilah medis: BPPV – Benign Paroxysmal Positional Vertigo).

Penyebab BPPV pada usia muda (di bawah 50 tahun) biasanya akibat benturan daerah kepala, di atas 50 tahun biasanya akibat degenerasi (pengurangan fungsi) dari sistem keseimbangan (vestibuler sistem). Namun hampir setengah dari kasus BPPV tidak diketahui penyebabnya.

Pengobatan selain diberikan obat-obat untuk mengurangi rasa berputar (vertigo), harus istirahat total sementara waktu dan juga perlu diberikan pengobatan latihan gerakan kepala dan badan untuk mengadaptasi keseimbangan dan mengurangi keluhan pusing dan berputar jika terjadi lagi.



di kutip dari http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100405100646AAWqypn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar