Jumat, 10 Oktober 2014

Maen Game Tanpa Nambah Beli VGA (AMD APU A10-7800, A8-7600 & A6-7400K)

AMD APU A10-7800, A8-7600 & A6-7400K (Maen Game Tanpa Nambah Beli VGA)

Seperti yang kita tahu, ngerakit PC itu tidak semudah membalik telapak tangan. Soalnya banyak banget pertimbangan yang harus dipikirin untuk bisa mendapatkan sebuah PC ideal.

Selain dari spek, budget juga menjadi pertimbangan penting. Kenapa? Ya iyalah gan secara spek bagus biasanya butuh harga yang ga sedikit juga, maka itulah agan-agan harus pinter-pinter puter otak, supaya gimana bisa dapet spek PC berkualitas tapi kantong ga ampe jebol. Kecuali kalo agan anak SBY, terserah dah mau ngabisin duit berapa aja buat spek PC yang wah!

Omong-omong soal komponen, komponen paling utama yang harus dipenuhi pada sebuah PC adalah prosesor alias otaknya komputer itu sendiri. Nah, ane ada rekomendasi prosesor mantap nih dari AMD!


AMD APU Seri-A “Kaveri”

AMD kabarnya mengeluarkan kembali APU Seri-A Kaveri lanjutan, dimana diantaranya adalah APU A10-7800, A8-7600 & A6-7400K. Pada APU Seri-A Kaveri kali ini prosesor mempunyai keunggulan lebih hemat daya dibanding dengan pendahulunya. Hal ini dikarenakan adanya fitur unggulan berupaCTDP (Configurable Thermal Design Power), yakni fitur dimana agan bisa menyesuaikan nilai TDP prosesor sesuai kebutuhan. Untuk ketiga seri di atas agan-agan bisa menurunkan batas TDP hingga menjadi 45 Watt (Optimized).

Sebagai catatan, TDP adalah satuan untuk mengukur panas yang dihasilkan oleh sebuah prosessor. Jika jumlah panas yang dihasilkan APU bisa dibuat makin minim berarti penggunaan daya juga makin kecil dan lebih efisien.

Kenapa ane rekomendasiin APU AMD dibanding prosesor biasa? 

Kalo agan mau tau APU merupakan CPU+GPU yang tergabung jadi satu chip dimana agan ga usah beli VGA lagi karena udah ada GPU (Graphical Processing Unit) dalam prosesor. Maka itulah sebelumnya ane bilang kenapa prosesor APU ini bisa jadi alternatif buat agan-agan yang pengen ngerakit PC tapi dengan harga terjangkau, soalnya agan tinggal beli prosesor APU udah sekaligus dapet dua: CPU+GPU. Mantap kan???

Selain itu APU (Accelerated Processing Unit) Seri-A versi “Kaveri” dari AMD ini diklaim sebagai “AMD’S MOST ADVANCED APU EVER” (APU AMD PALING TERCANGGIH) dimana merupakan APU pertama di dunia yang menggunakan arsitektur HSA (Heterogeneous System Architecture). Arsitektur HSA sendiri merupakan arsitektur komputasi cerdas yang memungkinkan CPU dan GPU bekerja bersamaan untuk mempercepat pengerjaan komputasi.


Dengan Arsitektur HSA Mampu Membuat CPU dan GPU bekerja bersama-sama menjadi satu kesatuan Compute Core Pada PC

Bagaimana Spek Dari Masing-Masing APU?

Semua prosesor AMD APU Seri A-Kaveri ini telah menggunakan soket FM2+. Pada tingkatan pertama, ada A10-7800 yang merupakan APU yang mirip dari segi spek dengan pendahulunya A10-7850K. Hanya saja seri A10-7800 memiliki harga yang lebih terjangkau. Perbedaan mencolok dari keduanya A10-7800 dan A10-7850K adalah pada tingkat TDP nya dimana A10-7850K memiliki TDP 95 Watt, sedangkan untuk A10-7800 sudah turun menjadi 65 Watt. Bahkan kelebihan dari seri A10-7800 ini adalah pengguna bisa memilih TDPnya antara 65 Watt dan 45 Watt (Optimized TDP) berkat adanya fitur CTDP.

Gambar Perbandingan Kinerja Antara APU A10-7800 yang belum diturunkan TDPnya(65W) dengan yang sudah diturunkan (45W).

Kelebihan APU seperti telah dijelaskan sebelumnya adalah memiliki core tidak hanya dari CPU tapi juga dari GPU dimana bisa meningkatkan kerja prosesor menjadi lebih cepat dalam mengeksekusi aplikasi. Pada A10-7800 sendiri, sudah memiliki hingga 12 Compute Core (4 CPU + 8 GPU) dengankecepatan 3,5 GHz yang bisa dimaksimalkan hingga 3,9 GHz berkat teknologi TurboCore. Selain itu prosesor ini juga udah support memory DDR3-2133. Untuk peningkatan performa agan bisa padukan dengan VGA diskrit seperti AMD Radeon R7 265 yang akan menghasilkan kinerja PC yang lebih maksimal.

Pada seri A8-7600 disediakan juga fitur CTDP dimana agan bisa mengoptimalisasi TDP agan hingga 45 Watt untuk menghemat penyerapan daya. Namun, dibandingkan dengan A10-7800, APU ini hanya memiliki 10 Compute Core (4 CPU + 6 GPU). Tapi jangan khawatir karena APU ini memiliki kecepatan yang tetap kompetitif yakni 3,1 GHz yang bisa dimaksimalkan menjadi 3,8 GHz. Sangat cocok dipadukan dengan AMD Radeon R7 260 untuk meningkatkan performa.

Untuk APU A6-7400K sama-sama bisa dioptimalkan TDPnya sampai 45 Watt namun memiliki harga yang paling murah dibanding dua APU sebelumnya sehingga sangat terjangkau. Jumlah Compute Core memang paling sedikit jika dibandingkan dengan 2 APU sebelumnya, dimana hanya terdiri dari 6 Compute Core (2 CPU + 4 GPU). Namun APU A6-7400K ini sudah memilikiunlocked multiplier sehingga memungkinkan untuk melakukan overclock untuk mendapatkan tambahan kinerja. Tanpa tambahan grafis diskrit APU ini sudah bisa menjalankan aplikasi gaming dengan cukup baik.

Hasil Benchmark Dengan Prosesor Setingkat

Dari pengujian di atas bisa terlihat kalau AMD APU A10, A8 dan A6 terbukti lebih unggul dalam hal performa dibanding dengan prosesor lain yang setingkat. Selain itu kamu bisa lihat jumlah rate frame per second yang lebih tinggi dibanding prosesor lain saat memainkan game-game berat Battlefield 4, Sniper Elite 3 Dan Guacamelee! Hal ini membuktikan bahwa APU AMD mempunyai kinerja pemrosesan yang lebih cepat.

Masih Banyak Keunggulan Lainnya!

Terdapat keunggulan lain yang musti agan tau dari APU Kaveri ini dimana sudah disupport oleh arsitektur GCN (Graphic Core Next) yang memungkinkan agan untuk bisa menikmati fasilitas-fasilitas seperti API Mantle yang dapat meningkatkan performa PC saat menjalankan game-game bergrafis canggih. Mantle terbukti meningkatkan performa gaming secara signifikan dibandingkan prosesor yang tidak menggunakan teknologi Mantle.

Perbandingan Kinerja APU yang didukung Mantle dan yang Tidak Didukung Mantle

Selain itu agan juga udah bisa nikmatin teknologi TrueAudio yang bikin kualitas suara game jadi lebih baik walau tanpa menggunakan tambahan soundcard.

Dapatkan Game Gratisnya!

Seperti biasa, AMD biasanya suka menyertakan promosi menarik yang pasti bakal bikin agan semua happy. Yak! Apalagi kalo bukan game sodara-sodara. Dengan membeli APU AMD A Series A10-7850K, A10-7800, A10-7700K, A10-6800K, & A10-6790K agan berkesempatan untuk dapetin 1 game ori gratis yakni Thief, Murdered, atau Sniper Elite 3. Namun persediaan kupon terbatas ya gan dan hanya bisa ditukar hingga Oktober 2014.

Jadi kesimpulan ane kenapa ane rekomen APU AMD buat agan-agan yang mau rakit PC:

Selain lebih ekonomis karena agan ga diharuskan untuk beli VGA terpisah, agan juga bisa mengupayakan untuk penghematan daya listrik saat menggunakan PC dengan adanya teknologi CTDP. Agan juga bisa menikmati teknologi plus plus lainnya seperti Mantle, TrueAudio, HSA, yang bisa lebih meningkatkan performa PC dalam menjalankan aplikasi berat seperti saat gaming.

Ditambah dengan bonus game setiap pembelian, dengan keuntungan yang berlipat-lipat, pastinya agan ga bakalan ngerasa rugi ngeluarin duit buat beli APU canggih AMD ini. Dari segi harga, dibanding agan beli CPU plus VGA terpisah, untuk A10-7800 hanya kena harga sekitar 1,8jt, A8-7600 sekitar1,2jt dan yang paling murah A6-7400K dibandrol dengan harga 900ribuan. Pas banget untuk agan yang ingin rakit PC berkualitas dengan budget terbatas.

Source : ( here )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar