Selasa, 10 November 2015

Review Zahir Accounting 6

 Review Zahir Accounting 6


PT Zahir Internasional ialah perusahaan pembuat dan pengembang peranti lunak akuntansi dengan nama Zahir Accounting sejak tahun 1996 yang diasaskan oleh putra bangsa Indonesia. Zahir Accounting diberdayakan oleh tim terbaik dan inovator cerdas meliputi programmer andal yang membuat produk hebat, tim implementasi yang berpengalaman membangun sistem di berbagai bisnis, dan staf dukungan pelanggan yang memberi pelayanan terbaik.
Zahir Accounting Versi 1.0 dibuat kali pertama pada tahun 1996. Pada tahun 1997 ia dikembangkan menjadi versi 2.0 dan dipasarkan pada tahun 1999. Sejak dipasarkan, Zahir Accounting menjadi perhatian bagi para pengusaha yang memang memerlukan software akuntansi untuk menunjang pencatatan keuangan bisnisnya dengan mudah, cepat, dan tepat.
Seiring dengan semakin tingginya kebutuhan perusahaan akan software bisnis, pengembangan software dan layanan purnajual pun terus dilakukan secara berkesinambungan. PT Zahir Internasional telah menciptakan beragam software berdasarkan fungsinya masing-masing antara lain Zahir Accounting 6, Zahir Point of Sale (POS) 6, Zahir POS Mobile, Zahir Report Server 6, dan Zahir Sales Order Mobile. Di sini kami menyebutnya sebagai The Best Business Management Software.
PT Zahir Internasional juga turut berperan serta dalam bidang pendidikan dengan giat menyediakan software Zahir Accounting ke sekolah menengah (SMA/ MA/ SMK) dan perguruan tinggi sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/ CSR). Sampai dengan saat ini Zahir Accounting telah digunakan di lebih dari 30 perguruan tinggi ternama di Indonesia.
Zahir merupakan software manajemen bisnis dan keuangan berbahasa Indonesia dan Inggris, fleksibel, berfasilitas lengkap, dan berdaya guna tinggi, yang dirancang agar tepat dengan kebutuhan perusahaan kecil, menengah, dan besar di Indonesia bahkan mancanegara.
Perkembangan versi dan penghargaan Zahir Accounting

Software akuntansi Zahir Accounting diciptakan.
1997
Software akuntansi Zahir Accounting dikembangkan ke versi 2.0
1999
Software akuntansi Zahir Accounting mulai dipasarkan.
2002
Meraih penghargaan Merit Award pada kompetisi APICTA Indonesia 2002.
2003
Meraih penghargaan APICTA Indonesia 2003 sebagai Best of The Best Application.
Meraih penghargaan tertinggi bidang ICT Indonesia.
2004
Meraih penghargaan APICTA Indonesia 2005 (Asia Pasifik ICT Award).
2005
Peluncuran perdana Zahir Small Business Accounting Versi 5.0
Peluncuran Zahir Merdeka Versi 5.0 (Non-Beta)
2006
Peluncuran software Zahir Accounting Versi 5.1
Penghargaan Best Enterprise 50 Majalah SWA.
2007
Peluncuran layanan baru ZahirSMS 0817-91-ZAHIR (92447).
2008
Peluncuran Zahir POS (Point of Sale) Versi 5.1
Peluncuran produk baru Zahir Report Server 5.1
Website helpdesk Zahir Support Centre diluncurkan.
PT Zahir Internasional bergabung dengan Business Software Alliance (BSA).
2009
Peluncuran produk baru Zahir Payroll 1.0
2010
Meraih Sertifikat ISO 9001:2008
2011
Website Zahir versi mobile diluncurkan.
2013
Peluncuran Zahir POS 6.
Peluncuran Zahir POS Mobile.
2014
Peluncuran Zahir Accounting 6 pada 1 Maret 2014.
Peluncuran Zahir Sales Order Mobile.
Peluncuran Zahir Enterprise Plus (ZEP) sebagai solusi software ERP Indonesia.
2015
Peluncuran halaman Zahir Online Shop (ZOS), halaman belanja Online Zahir Accounting.
Peluncuran Modul Produksi untuk proses produksi yang lengkap.
Peluncuran Zahir Online,produk Zahir Accounting berbasis web dan online.

2.2    Harga dari aplikasi Zahir Accounting

* scan dari brosur Zahir Accounting pada 1 November 2015

Hingga kini Zahir Accounting telah digunakan oleh lebih dari 30.000 perusahaan berskala kecil, menengah, dan besar dengan 50.000-an pengguna (user / lisensi) di Indonesia serta mancanegara. Jumlah itu pun semakin bertambah. Saat ini Zahir juga sudah banyak tersebar di lebih dari 30 kota di Indonesia dalam wujud kantor pusat atau cabang, gerai, agen, dan reseller.
* scan dari brosur Zahir Accounting pada 1 November 2015


* scan dari brosur Zahir Accounting pada 1 November 2015
Dashboard

Modul Data-data

Modul Penjualan

Modul Pembelian

Modul Kas-Bank

Modul Persediaan

Modul Laporan



Modul Standard
Merupakan modul pada tiap-tiap menu utama halaman, menu ini dapat dibuka tergantung paket yang digunakan.
ü  Transaksi jasa
ü  Persediaan/inventory
ü  Proyek
ü  Departemen
ü  Aktiva tetap
ü  Giro mundur (pencatatan untuk transaksi giro)
ü  Retur
ü  Assembly
ü  Deassembly
ü  Pergerakan persediaan/inventory movement
ü  Kas dan bank
ü  Rekonsiliasi bank
Fasilitas Data
Merupakan opsi tambahan atas data-data utama perusahaan.
ü  Klasifikasi data
ü  Serial number
ü  Lot number
ü  Akun alias name
ü  Product alias name


Fasilitas Multi
ü  Multi fase proyek
ü  Multi satuan
ü  Multi currency
ü  Multi warehouse
ü  Multi tax
ü  Multi price
ü  Multi discount
ü  Multi fraksi
ü  Multi komisi penjualan
ü  Multi biaya kirim
ü  Multi delivery order
Fasilitas Laporan
ü  Satuan laporan
ü  Desain laporan
ü  Custom aging schedule
ü  Export Laporan
ü  Laporan bisa diklik
ü  Faktur pajak

Fasilitas Extra
ü  Konsinyasi
ü  Purchase request
ü  Purchase order
ü  Sales quotation
ü  Sales order
ü  Business Analysis
ü  Reminder
ü  Grafik
ü  Predictive entry
ü  Auto purchase order
ü  Sinkronisasi

Fasilitas Transaksi Extra
ü  Nomor bukti transaksi
ü  Delivery status
ü  Delivery notes
ü  Distribusi biaya import
ü  Transaksi berulang
ü  Final discount

Tambahan
ü  Point of Sale 6.0
ü  Zahir report server

Limitasi
ü  Tidak bisa set klas akun
ü  Max 5 user concurent
ü  Max 100jt sales omzet
ü  Max 1000 item barang
ü  Max 1000 transaksi



                                                                                                
Transaksi jasa
Sangat cocok untuk perusahaan yang bergerak dibidang jasa dapat digunakan untuk pencatatan transaksi pembelian dan penjualan yang bersifat jasa, artinya proses pembelian tidak melibatkan data stock atau persediaan, baik yang dilakukan secara tunai maupun dilakukan secara kredit. Dengan fasilitas ini kita dapat mencatat pendapatan jasa dan pembelian atau pengeluaran biaya atas jasa yang dikerjakan. Jika transaksi dilakukan secara kredit anda dapat melihat informasi hutang dan piutang yang terjadi atas transaksi tersebut.

Persediaan/inventory
Sangat cocok untuk perusahaan dagang dan dapat digunakan jika transaksi diperusahaan melibatkan stock atau persediaan serta memerlukan kontrol atas data persediaan yang digunakan dalam transaksi pembelian, penjualan dan penyesuaian atas persediaan. Dengan adanya fasilitas ini kita dapat mengetahui saldo untuk masing-masing produk dari laporan buku besar persediaan. Selain itu kita dapat mengetahui laporan analisa produk yang banyak terjual atau justru tidak laku sehingga dapat membantu kita untuk pengambilan keputusan atas produk tertentu.

Proyek
Cocok untuk kontraktor yang bekerja atas dasar proyek. Fasilitas modul proyek dapat digunakan untuk mengalokasikan setiap transaksi pendapatan dan biaya dari masing-masing proyek dengan sangat terperinci. Setiap transaksi yang berhubungan dengan proyek akan dicatat dan dihubungkan ke proyek yang bersangkutan, sehingga hasilnya anda dapat mengetahui informasi laporan laba atau rugi untuk masing-masing proyek. Selain itu kita bisa membandingkan antara anggaran dari masing-masing proyek dengan realisasi transaksi atas proyek tersebut.


Departemen
Fasilitas ini digunakan untuk mengelola transaksi dari masing-masing departemen/divisi atau unit usaha di perusahaan. Sehingga nantinya anda bisa mengontrol transaksi dari masing-masing department dengan menghubungkan transaksi yang dicatat ke departemen atau divisi yang sesuai dengan transaksi di masing-masing departemen atau divisi tersebut. Kita juga dapat mengetahui informasi laporan laba rugi dari transaksi dimasing-masing department.

Aktiva tetap
Sangat bermanfaat untuk mengelola harta tetap yang dimiliki perusahaan dan membantu dalam penghitungan beban penyusutan perbulan, akumulasi beban dan nilai buku. Fasilitas harta tetap atau fixed asset dapat memudahkan anda dalam mengelola dan menghitung penyusutan dari masing-masing harta tetap yang dimiliki oleh perusahaan. Sehingga kita dapat memperoleh informasi dari nilai buku untuk masing masing harta tetap.

Giro mundur
Fasilitas giro mundur digunakan untuk mencatat transaksi baik penerimaan bank atau pengeluaran bank yang menggunakan cek atau giro. Dengan fasilitas ini kita dapat dengan mudah mengotrol cek dan giro. Anda juga dapat mencatat transaksi pencairan atas giro tersebut.

Retur
Fasilitas retur terdiri dari retur pembelian dan retur penjualan, dengan adanya fasilitas ini anda dapat mencatat pengembalian dari transaksi pembelian atau penjualan yang disebabkan karena barang yang dikirim atau diterima tidak sesuai dengan pesanan atau dalam keadaan kurang baik.

Assembly (autobuild)
Fasilitas assembly (perakitan) dapat memudahkan kita untuk melakukan pencatatan produksi dari suatu produk yang sudah ditentukan komponen atau material penyusun untuk produk tersebut. Sehingga kita dapat melakukan proses pencatatan produksi dari suatu produk secara otomatis sesuai dengan komponen penyusun yang sudah ditentukan sebelumnya. Pertama anda perlu menentukan terlebih dahulu komposisi produk yang akan dirakit. Dengan adanya fasilitas assembly/perakitan, kita tinggal menginput jumlah produk yang akan diproduksi, sehingga zahir akan otomatis menghitung jumlah produksi dan jumlah material yang digunakan dalam produksi tersebut sesuai dengan komposisi yang telah ditentukan sebelumnya.

Deassembly
Fasilitas deassembly merupakan kebalikan dari fasilitas assembly, fungsi dari fasilitas deassembly adalah koreksi untuk transaksi assembly yang sudah pernah dilakukan sebelumnya, sehinnga produk-produk yang digunakan dalam proses assembly akan kembali kepada nilai semula)
Pergerakan persediaan/inventory movement (Fasilitas ini merupakan cara manual dari perakitan (assembly) memudahkan kita untuk mencatat transaksi produksi suatu barang. kita tinggal menentukan jumlah produk yang dibutuhkan untuk memproduksi suatu barang dan jumlah barang yang diproduksi. Maka harga pokok dari barang yang diproduksi dapat dihitung secara otomatis dari acuan harga pokok produk yang digunakan untuk produksi.

Kas dan bank
Modul kas & bank terdiri dari fasilitas transfer kas, kas masuk, dan kas keluar.Modul Transfer Kas merupakan alat bantu untuk memudahkan pencatatan pemindahan saldo kas/bank dari satu perkiraan kas/bank ke perkiraan kas/bank lainnya. Misalnya untuk mencatat Setoran uang kas ke bank.Modul Kas Masuk digunakan untuk mencatat transaksi penerimaan kas/bank. Misalnya pencatatan transaksi pendapatan sewa dari pihak lain Modul Kas Keluar digunakan untuk mencatat transaksi pengeluaran kas/bank. Misalnya pencatatan transaksi pengeluaran biaya listrik.

Rekonsiliasi bank
Rekonsilasi digunakan untuk mencocokan pencatatan saldo rekening koran yang diterima dari bank dengan pencatatan menurut pembukuan perusahaan, kita dapat melakukan pencocokan transaksi di zahir dengan rekening koran bank yang anda terima setiap bulannya. Kita dapat melakukan penyesuaian atas pencatatan transaksi bank pada zahir accounting, jika terdapat perbedaan pencatatan antara rekening koran bank dengan pencatatan transaksi di bank pada zahir accounting. Karena bisa saja terjadi suatu transaksi bank yang sudah tercatat di rekening koran bank, namun perusahaan belum mencatat transaksi tersebut pada zahir accounting atau sebaliknya.

Klasifikasi data
Fasilitas klasifikasi data dapat memudahkan anda dalam pengelompokkan data nama alamat pelanggan, supplier, karyawan dan pihak lainnya. Selain itu fasilitas klaisifikasi data dapat digunakan untuk pengklasifikasian data produk. Misalnya anda membagi pelanggan berdasarkan klasifikasi wilayah pemasaran, maka anda dapat mengetahi informasi laporan penjualan untuk masing-masing pelanggan berdasarkan wilayah pemasaran.

Serial number
Fasilitas serial number atau nomor seri digunakan untuk produk-produk yang dalam pencatatannya menggunakan nomor seri selain nomor kode produk seperti handphone, produk-produk elekronik, kendaraan dan sebagainya. Sehingga anda dapat melakukan transaksi pembelian dan penjualan sesuai dengan acuan nomor seri produk yang bersangkutan. Dengan fasilitas ini anda dapat mengetahui informasi nomor seri yang tersedia dan nomor seri yang sudah terjual.

Lot number (tanggal kadaluarsa)
Fasilitas lot number digunakan jika anda mempunyai produk-produk dengan masa kadaluarsa seperti makanan dan obat-obatan. Dengan fasilitas ini anda dapat mengontrol persediaan yang sudah tidak bisa di gunakan atau masa kadaluarsanya sudah habis (expire). Sehingga ketika terjadi transaksi penjualan, akan terdapat informasi atas tanggal kadaluarsa dari produk yang dijual. Fasilitas ini membantu anda untuk menampilkan laporan nomor lot dan tanggal kadaluarsa dari produk.

Akun alias name
Kita dapat menggunakan dua nama akun untuk satu akun yang sama. Misalnya kita memerlukan untuk membuat akun dengan bahasa Indonesia dan bahasa inggris, sehingga nantinya anda dapat menampilkan laporan dengan menggunakan nama akun dengan bahasa Indonesia dan akun dengan bahasa inggris.Anda dapat menggunakan fasilitas akun alias name jika kita membutuhkan format laporan keuangan menggunakan 2 bahasa, caranya sangatlah mudah, anda tinggal membuat dua akun sesuai dengan kebutuhan. Misalnya kita membuat akun untuk kas kecil lalu anda membuat alias name untuk akun tersebut yaitu petty cash. Dengan cara tersebut kita bisa menampilkan laporan keuangan dalam format standar bahasa indonesia atau bahasa lain yang ditentukan sesuai dengan nama akun alias keinginan anda.

Product alias name
Fasilitas ini digunakan jika produk memiliki kode dan deskripsi lain selain kode dan deskripsi barang utama. Sehingga anda dapat menggunakan kode dan deskripsi utama produk dan alias untuk kode dan deskripsi ketika menginput transaksi.

Grup barang
Group barang digunakan untuk pengelompokkan produk berdasarkan kategori tertentu, misalnya anda ingin mengkategorikan produk berdasarkan jenis, ukuran, warna dan sebagainya. Dengan adanya pengelompokkan berdasarkan group dapat dengan mudah mendapatkan informasi dari laporan detaik terkait dengan group barang tersebut)
Standar term of sales (Dengan fasilitas standar term of sales kita dapat menentukan secara otomatis untuk term atau syarat penjualan dan jatuh tempo dari masing-masing pelanggan. Dengan fasilitas ini kita juga dapat menentukan persentase diskon awal, hari diskon, hari jatuh tempo dan persentase denda keterlambatan pembayaran piutang untuk masing-masing pelanggan. Fasilitas ini membantu kita menampilkan syarat pembayaran standar secara otomatis untuk transaksi penjualan atas pelanggan yang bersangkutan.

FIFO, LIFO and Average (metode pencatatan persediaan)
Ada beberapa metode perhitungan harga pokok persediaan diantaranya FIFO, LIFO dan Average. Dengan menggunakan fasilitas ini, kita dapat menentukan perhitungan harga pokok untuk suatu produk sesuai dengan metode yang diinginkan. Metode FIFO akan memperhitungkah harga pokok produk berdasarkan produk yang pertama kali masuk digudang, metode LIFO akan memperhitungkan harga pokok produk berdasarkan produk yang terakhir kali masuk di gudang. Kita tidak perlu lagi menghitung harga pokok dari masing-masing produk. Zahir akan menghitung nilai harga pokok secara otomatis dari masing-masing produk sesuai dengan metode perhitungan harga pokok yang telah ditentukan sebelumnya.

Multi fase proyek
Membantu kita untuk mencatat transaksi yang berhubungan dengan tahapan pengerjaan (fase) proyek. Dengan ada fasilitas ini kita dapat menentukan anggaran biaya dan anggaran pendapatan pada masing-masing tahapan (fase) pengerjaan proyek tersebut. Selain itu kita juga dapat mencatat transaksi riil yang berhubungan dengan biaya yang dikeluarkan dalam setiap fase dan pendapatan yang diterima pada setiap fase pengerjaan proyek.

Multi satuan
Fasiltas multi satuan digunakan jika transaksi diperusahaan menggunakan lebih dari satu satuan pengukuran dan konversi satuan untuk masing-masing satuan pengukuran tersebut. Misalnya kita membuat satuan pengukuran untuk gram, kilgoram, centimeter, meter, pcs, box dan sebagainya. Kita bisa menentukan satuan pengukuran tersebut dan konversi dari masing-masing satuan pengukuran yang digunakan.

Multi currency
Memudahkan untuk menggunakan lebih dari satu mata uang dalam transaksi. Kita hanya perlu membuat data mata uang dan konversi terhadap mata uang utama sehingga ketika transaksi menggunakan mata uang asing, zahir akan mengkonversi secara otomatis transaksi tersebut berdasarkan acuan kurs tukar mata uang asing terhadap mata uang utama.

Multi warehouse
Untuk perusahaan yang memiliki lebih dari satu gudang penyimpanan untuk produk. Dengan fasilitas ini kita dapat menginput transaksi pemindahan produk dari satu gudang ke gudang lainnya, dan kita dapat mencatat transaksi dari masing-masing gudang, hasilnya kita dapat mendapatkan informasi stock / persediaan dari masing-masing gudang tersebut.
Multi tax
Digunakan jika terdapat dua atau lebih pajak yang dikenakan pada transaksi baik pembelian maupun penjualan, contohnya dalam transaksi penjualan dikenakan pajak PPN dan PPH23. Untuk menginput transaksi tersebut anda perlu menggunakan fasilitas multi tax.

Multi price
Untuk menampilkan harga yang berbeda-beda dari masing-masing golongan pelanggan untuk satu produk yang sama. Zahir accounting dapat menampilkan harga jual otomatis untuk produk yang sama namun untuk pelanggan yang berbeda. Misalnya harga jual dari suatu produk dibedakan atas distributor, agen, pengecer atau pembeli akhir.

Multi discount
Untuk transaksi yang menggunakan tingkatan discount lebih dari satu. Kita bisa menerapkan lebih dari satu diskon dengan acuan perhitungan dari nilai setelah diskon sebelumnya. Acuan penerapan discount bertingkat adalah golongan pelanggan dan jumlah barang yang dibeli. Jika transaksi memenuhi syarat yang telah ditentukan maka discount bertingkat akan otomatis tampil dalam transaksi tersebut.

Reminder
Fasilitas reminder berguna untuk mengetahui informasi seperti jatuh tempo hutang, piutang, jatuh giro, serta informasi produk yang stocknya sudah mendekati nilai minimum stock.

Grafik
Dengan fasilitas ini dapat memudahkan kita untuk mengetahui performa dari pelanggan, pemasok dan karyawan dalam bentuk grafik penjualan, pembelian, dsb disamping itu anda juga dapat mengetahi performa dari masing-masing produk berupa grafik penjualan produk.
Dukungan yang disediakan oleh Zahir Accounting berbagai macam mulai dari support centre, forum komunitas, FAQ yang telah disediakan pada website Zahir Accounting, hingga email, live chat, maupun telepon. Dukungan yang diberikan pun cukup lengkap dan waktu yang disediakan bahkan sampai satu minggu, yaitu hari senin hingga minggu.


* website Zahir Accounting pada 7 November 2015

Zahir Accounting dikembangkan di Indonesia, sehingga lebih mengenal kebutuhan pasar Indonesia dari pada software import, antara lain:

1. Bahasa Indonesia dan support lengkap
Zahir Accounting menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dimengerti (Terdapat menu untuk memilih bahasa). Selain itu support yang diberikan juga sudah cukup lengkap.

2. Lebih Mudah Digunakan
Zahir Accounting lebih mudah, lebih simple dan tidak rumit dibanding MYOB. Dan dari pernyataan telah mencoba atau review dari yang membeli Zahir, sebelumnya mereka memakai software import, memang Zahir lebih mudah dipakai.

3. Sistem Akuntansi Sesuai Standar Indonesia
Sistem yang digunakan Zahir lebih sesuai untuk Indonesia, menggunakan laporan jurnal dengan format debet-kredit, yang bisa diaudit dan sesuai dengan standar akuntansi Indonesia (sistem double entry).

4. Tim Support ada di Indonesia
Apabila membeli software import seperti MYOB supportnya pun akan lebih sulit dibanding Zahir yang tim support berada si Indonesia.

5. Sistem Perpajakan
Anda dapat dengan mudah mencetak faktur pajak sederhana dan standar menggunakan Zahir Accounting karena form faktur pajak telah disediakan, cukup input penjualan dan bisa langsung cetak faktur pajak.
6. Mudah membuat Laporan
Pada saat menampilkan laporan keuangan, klik pada nilai yang tampil maka akan ditampilkan rincian transaksi, dan klik lagi untuk menampilkan transaksi aslinya. Sangat mudah diterapkan dan dicoba, bahkan bagi saya yang baru mencoba.

7. Dijual Secara Rakitan
Zahir merupakan software yang bisa dirakit, dengan fasilitas yang bisa dipilih, sehingga pelanggan hanya membayar apa yang dipakai saja, tanpa menimbulkan kesan Zahir adalah software murahan.

8. Fasilitas Unik yang mirip pada MYOB
Seperti MYOB yang memiliki fasilitas Serial Number, Lot Number dengan Expire Date, Sinkronisasi Data Antar Cabang, Auto Purchase order, dan berbagai fasilitas unik lainya ada di Zahir Accounting, bahkan lebih lengkap.

9. Jumlah Digit Transaksi lebih besar
Hampir sebagian besar software import seperti MYOB dengan harga dibawah 20 juta memiliki keterbatasan pada jumlah digit nilai transaksi, yaitu hanya 8 digit saja atau setara dengan Rp 99 juta. Sedangkan pada Zahir Accounting mampu mencatat nilai transaksi hingga 15 digit atau setara dengan Rp 920 trilyun.

Ø  Software ini tidak dapat digunakan untuk menghitung secara otomatis biaya per jam maupun biaya lain yang berhubugan dengan akuntansi biaya, seperti tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh dan biaya lainnya.

Ø  Pada fitur Zahir Pos kurang cepat dan responsif seperti menginput transaksi, membuka faktur, menginput produk dan mencetak faktur.

Ø  Pada Flexy Money tidak menyediakan fasilitas harga tetap, departemen maupun proyek.

Ø  Kurang cepat dalam menginput data.


Secara keseluruhan Zahir Accounting sangat mudah dipakai, fitur atau modul yang disediakan juga sudah cukup lengkap, hampir sama seperti MYOB bahkan lebih lengkap dan ringkas. Tampilan yang berkesan modern (pada versi 6) ini lebih memudahkan user untuk beradaptasi dengan software ini. Mulai dari pemasukan data, pengolahan data, hingga pembuatan laporan sangat mudah dilakukan. Panduan yang disediakan juga sudah sangat mudah didapat dan sangat lengkap.


Software buatan Indonesia tentu lebih mudah dipahami dan dipakai bagi orang Indonesia, karena Zahir Accounting juga dapat menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu software ini juga mudah dipahami dan dipelajari bagi orang awam dan baru pertama kali mencoba. Fitur yang diberikan pun juga cukup lengkap, dibanding MYOB jelas Zahir lebih unggul dan lebih fleksibel. Harganya pun relatif lebih bersahabat karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Brosur Zahir Accounting, didapat ketika mengikuti Indocomtech 2015.
                        didapat pada 1 November 2015.
zahiraccounting.com/id/support
                diakses pada 7 November 2015, pada 09:01 WIB.
zahiraccounting.com/id/tentang-zahir
                diakses pada 7 November 2015, pada 09:11 WIB.
zahiraccounting.com/id/hubungi-kami
                diakses pada 7 November 2015, pada 09:13 WIB.
software-akuntansi-zahir.blogspot.co.id/p/kelebihan-zahir-accounting
                diakses pada 7 November 2015, pada 09:17 WIB.
estyprs.blogspot.co.id/2014/10/aplikasi-sia-myob-zahir-dea
                diakses pada 7 November 2015, pada 09:21 WIB.
sembilannaga.blogspot.co.id/2008/11/paper-zahir-accounting
                diakses pada 7 November 2015, pada 09:23 WIB.
oniririhena.blogspot.co.id/2010/11/software-akuntansi-indonesia
                diakses pada 7 November 2015, pada 09:24 WIB.
belajarzahirakuntansi.blogspot.co.id

                diakses pada 7 November 2015, pada 09:28 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar