Rabu, 29 April 2015

Mempercepat Kinerja Windows 8.1

Bagi anda pengguna windows 8 dan windows 8.1 tips ini sangat bermanfaat untuk mempercepat kinerja nya. Tips yang akan saya berikan amat lah mudah karena tidak memerlukan software apapun dan hanya menggunakan fitur yang sudah ada di winndows 8 dan windows 8.1 ini.

Berikut ini tipsnya :

1. Mengaktifkan Fast startup 
 Fast startup ini merupakan fitur baru yang dimiliki Windows 8 maupun 8.1. Fitur ini berfungsi untukmempercepat booting komputer dari pada Shutdownnya. Ada banyak aspek teknis dibalik fitur ini namun saya tidak akan menjelaskan secara terperinci disini. Tetapi pada dasarnya dengan mengaktifkan fitur ini kinerja windows kita akan berbeda dari sebelumnya.
Cara untuk mengaktifkan fitur ini adalah
Control Panel-->Power Options--> System setting -->Change setting that are Curently unavailable
kemudian setelah aktif anda pilih Turn On Fast Startup , langsung Save Change.

 2. Mengoptimalkan Hardisk
Tetap optimalkan hardisk anda menggunakan fitur Optimaze Drives di Windows 8. Fitur ini merupakan pengganti dari Disk Defragmenter. Lakukan optimasi secara rutin , mungkin setiap minggu sekali harus anda lakukan optimasi ini.

3. Adjust For Bes Performance
Anda pasti menemukan Animasi, visual efek lain yang mungkin tidak begitu penting buat anda. Seperti pada windows sebelumnya, anda dapat meNonAktifkan ini dengan cara :
Control Panel-->System-->Advanced System Setting
Kemudian pada kotak dialog propertis silahkan anda pilih Performance--> Setting

Selanjutnya silahkan anda pilih Ajust For best performance dan jangan lupa klik apply dan OK.

4. Startup Item
Tips yang ini mungkin sudah saya jelaskan pada postinganTips Cerdas agar komputer windows bisa lamcar tidak lemot . Seperti pada semua windows andaperlu menonaktifkan semua aplikasi startup yang kurang berguna.  jika pada versi windows sebelumnya kita menggunakan MSCONFIG, tapi pada windows 8 kita bisa menggunakan Task Manager. Silahkan anda masuk Task Mnager-->Startup dan kalian NonAktifkan saja aplikasi yang kurang berguna pada saat startup.


5. Menutup Aplikasi yeng terbuka dan tidak digunakan
Tips Terakhir dan yang paling penting adalah matikan aplikasi metro yang tidak digunakan. Aplikasi metro adalah aplikasi yang asli bawaan Windows 8 anda. Caranya adalah arahkan mouse anda ke arah sisi kiri layar kemudian klik kanan pada aplikasi yang berjalan dan klik Close.



Namun, ada cara yang lebih mudah untuk melakukan hal itu.  Jika Anda pergi ke PC Settings (buka bar Charms, klik Settings dan klik pada Change PC Settings) dan klik General, Anda akan melihat pilihan di bawah App Switching, yaitu Delete History.

Delete History ini pada dasarnya akan menghapus daftar item di sidebar dan akan menutup semua aplikasi yang sedang dibuka. Delete History ini berguna karena kami kadang-kadang punya 10 sampai 15 aplikasi Metro yang berjalan dan bahkan tidak tahu kalau aplikasi Metro itu sedang berjalan.



Source : ( 1 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar