Jumat, 12 Oktober 2012

GarudaONE Indonesia OS ASLI



ini adalah sistem oprasi (OS) baru buatan Indonesia (Go Legal, Go Local, Go Liberty)

Ada gerakan IT baru di Indonesia, yaitu GarudaOne, berikut isi uraian gerakan Garuda One yang terdiri dari Go Legal, Go Local, Go Liberty






Menuju INDONESIA yang lebih MANDIRI melalui TI
Zona kenyamanan yang ditawarkan sistem TI tertentu
telah membuat kebanyakan pengguna komputer terus tergantung
sehingga tidak pernah berani melakukan perubahan
untuk menuju Indonesia yang lebih MANDIRI.


Tahukah Anda bahwa kita – sebagai pengguna komputer – sebetulnya sudah terbelenggu oleh suatu sistem tertentu selama berpuluh-puluh tahun … ??? Dan karena belenggu yang sudah kuat mengakar ini kita seolah-olah tidak akan bisa berkomputer dengan baik jika tidak menggunakan sistem ini.

Ada cukup banyak belenggu yang mengikat kebebasan para pengguna komputer di Indonesia, beberapa diantaranya adalah :

1. Belenggu Sistem Tertutup
Salah satu sistem yang membelenggu pengguna komputer adalah software dengan sistem tertutup (Closed Source). Kebanyakan software populer menggunakan sistem tertutup ini, sebut saja Microsoft (Windows, Office), Adobe (Photoshop), Autodesk (3ds Max, AutoCAD) dan masih banyak lagi lainnya.
Software yang dikembangkan dengan sistem tertutup mencegah pengembang lain untuk memodifikasi kode sumbernya. Hal ini akan menjadi masalah jika suatu saat perusahaan pengembang tutup, maka software ini tidak akan bisa dikembangkan lagi. Sebagai contoh adalah software pengolah kata Wordstar yang sangat populer di Indonesia puluhan tahun silam.

2. Belenggu Format Dokumen
Pengguna fanatik Wordstar tentu saja tidak akan pernah membayangkan jika suatu saat dokumen yang dikerjakannya sekarang ini tidak bisa dibuka kembali dengan mudah. Dan bukan suatu hal yang aneh jika suatu saat dokumen yang kita tulis dengan menggunakan software sistem tertutup (sebut saja Microsoft Office) akan mengalami hal serupa dengan Wordstar.
Namun ‘bencana’ ini tidak akan pernah terjadi jika sejak awal kita berani mengambil keputusan untuk menggunakan dokumen dengan format sistem terbuka. Mengapa …?!!! Karena apapun software yang dipergunakan, dokumen dengan format sistem terbuka akan selalu dapat dibuka. Bahkan sekalipun jika kita menggunakan platform yang berbeda-beda (Windows, Mac, Linux, dll), dokumen dengan format sistem terbuka akan selalu bisa diakses dengan mudah.
Tahukah Anda bahwa format dokumen yang akan dijadikan Standar Nasional Indonesia (SNI) nantinya adalah format ODF (Open Document Format / Format Dokumen Terbuka) dan bukannya format dokumen tertutup yang sangat populer di Indonesia (doc, docx, xls, xlsx, dll).

3. Belenggu Virus Komputer
Virus komputer menyerang personal komputer sejak tahun 1980an. Namun setelah sekian puluhan tahun jumlah virus komputer bukannya semakin berkurang tetapi justru terus bertambah dengan pesatnya. Mengapa hal ini bisa terjadi …?!!!
Salah satu penyebab utama adalah karena sistem operasi yang dipergunakan kebanyakan komputer berbasiskan sistem tertutup. Karena sifatnya yang tertutup, maka sangat sulit bagi pengembang lain untuk membantu memperbaiki lobang keamanan di sistem ini.
Ini berbeda jauh dengan sistem operasi yang dikembangkan dengan sistem terbuka. Karena sifatnya yang terbuka, maka celah dan gangguan keamanan bisa diperbaiki dengan cepat oleh para pengembang di seluruh dunia sehingga virus komputer akan sangat sulit untuk berkembang.

4. Belenggu Software Bajakan
Sejak awal komputer personal masuk di Indonesia, kita sudah dibiasakan untuk menggunakan software bajakan. Tidak mengherankan jika sampai saat ini kita masih susah untuk melepaskan diri dari belenggu software bajakan.
Namun jika kebiasaan buruk ini terus dipelihara, secara tidak langsung berarti kita telah ikut menjerumuskan Indonesia dalam jurang kehancuran yang lebih dalam. Bayangkan jika sebagian besar pengguna komputer di Indonesia – mulai dari anak, orang tua, guru, pengusaha, pemuka agama, pejabat, sampai penegak hukum – semuanya membiasakan diri berlaku kotor dengan menggunakan software bajakan … bagaimana mungkin kita bisa melihat dan mengharapkan Indonesia yang bersih (misal dari korupsi, dll) … ????

5. Belenggu Software Proprietary
Software proprietary adalah software yang menggunakan sistem tertutup. Software proprietary kebanyakan berpotensi menyedot devisa ke luar negeri dan biasanya dijual dengan harga yang tidak sesuai dengan kantong pengguna komputer Indonesia. Jika Indonesia terus terikat pada belenggu software proprietary maka selain terjadi pemborosan besar-besaran juga akan membuat Indonesia sulit untuk mandiri.


SOLUSI menuju INDONESIA yang lebih MANDIRI melalui TI
Sejak puluhan tahun, kita – sebagai pengguna komputer – sudah dibiasakan untuk tidak mandiri. Belenggu Software Tertutup, Belenggu Format Dokumen, Belenggu Virus Komputer, Belenggu Software Bajakan, Belenggu Software Proprietary sudah biasa kita alami sehingga kita tidak pernah sadar bahwa sebetulnya ada belenggu yang sangat kuat dalam kehidupan kita. Belenggu ini sedemikian kuatnya sehingga seakan-akan membentuk rantai yang tidak bisa diputus.
Namun jika ikatan belenggu ini didiamkan terus menerus akan sangat berakibat buruk untuk masa depan Indonesia. Indonesia akan sulit untuk menjadi bangsa yang BERSIH, UNGGUL, dan MANDIRI.
Perubahan harus dilakukan mulai dari sekarang untuk Indonesia. Dan ini bisa dimulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu. Sebagai pengguna komputer, kita bisa melakukan perubahan mulai dari dalam isi komputer. Pastikan kita berani melakukan perubahan dalam isi komputer kita terlebih dahulu sebelum berharap untuk melihat perubahan pada Indonesia yang lebih BAIK.
Mandiri di bidang TI dengan GARUDA
GARUDA adalah salah satu software yang bisa dipergunakan untuk memberikan kebebasan dari Belenggu Software Tertutup, Belenggu Format Dokumen, Belenggu Virus Komputer, Belenggu Software Bajakan dan Belenggu Software Proprietary. Dengan menggunakan Garuda untuk memutuskan ikatan belenggu ini maka kita telah membuka langkah untuk menuju INDONESIA yang lebih MANDIRI.

GarudaONE … apakah kamu berani membawa INDONESIA yang lebih MANDIRI melalui TI …?!!!

Silakan sampaikan dukungan, pandangan dan pendapatmu mengenai gerakan Go LIBERTY untuk menyongsong masa depan INDONESIA yang lebih MANDIRI.

Go Legal

Semua hal besar dimulai dari hal kecil.
Korupsi besar-besaran di Indonesia juga dimulai dari pencurian kecil-kecilan.
Menggunakan software bajakan adalah salah satu bentuk dari tindak pencurian.

Stop kebiasaan menggunakan software bajakan mulai sekarang
untuk mengurangi tingkat korupsi di masa mendatang …
untuk Indonesia yang lebih BERSIH !!!


Kata legal selama ini selalu dikaitkan dengan kata mahal. Dan ini yang menjadi salah satu alasan mengapa pengguna komputer di Indonesia lebih tertarik menggunakan software ilegal (bajakan) yang harganya jauh lebih murah.
Parahnya, kebiasaan buruk menggunakan produk bajakan ini bukan hanya ada di kalangan pengguna rumahan saja, tetapi juga bisa ditemui di hampir semua kalangan pengguna komputer termasuk kalangan pengusaha, pendidikan, pemuka agama, pemerintahan dan dan bahkan sampai penegak hukum.

Memilukan … ??? Ya … dan sayangnya juga sekaligus memalukan.


Mengharapkan pengguna komputer untuk beralih dari software bajakan ke software legal tentunya tidak semudah membalikkan tangan jika tidak adanya ketegasan hukum dan harga software legal tidak terjangkau oleh rata-rata kantong pengguna komputer di Indonesia.

SOLUSI menuju INDONESIA yang lebih BERSIH
Paling tidak ada tiga solusi yang bisa dilakukan agar pengguna komputer di Indonesia bersedia untuk beralih dari software ilegal ke software legal, yaitu :

Penyesuaian Harga : Adanya kesediaan dari vendor software untuk menyesuaikan harga dengan kantong pengguna komputer di Indonesia.
Penegakan Hukum : Adanya ketegasan hukum dari aparat penegak hukum atas maraknya penggunaan software ilegal, termasuk ketegasan di lingkungan aparat sendiri.
Penggunaan Open Source : Adanya kesadaran dari pengguna komputer untuk beralih ke software Open Source yang lebih sesuai dengan kantong Indonesia. GARUDA adalah salah satu contoh software Open Source kreasi lokal yang mudah dalam penggunaannya serta bisa diperoleh secara bebas.
Dengan adanya peran aktif dari vendor software, penegak hukum, dan pengguna komputer … bukanlah suatu impian jika suatu saat nanti kita akan melihat INDONESIA yang jauh lebih BERSIH … minimal di bidang TI.

GarudaONE … apakah kamu berani membawa INDONESIA yang lebih BERSIH melalui TI ???

Silakan sampaikan dukungan, pandangan dan pendapatmu mengenai gerakan Go LEGAL untuk menyongsong masa depan INDONESIA yang lebih BERSIH.

Go Local

Di atas adalah isi kisah yang melatarbelakangi lahirnya sebuah distro lokal yaitu GarudaOne.


GARUDA adalah sistem operasi (OS) legal berbasis sistem terbuka (Open Source) kreasi dari pengembang lokal. GARUDA menggunakan desktop modern yang menawan dan sangat mudah dipergunakan, bahkan oleh para pengguna yang sudah terbiasa dengan Windows.
GARUDA juga sangat aman dari gangguan virus komputer, stabilitasnya tinggi, disertai dukungan bahasa Indonesia dan dilengkapi dengan banyak program dari berbagai macam kategori.
GARUDA bisa diperoleh secara bebas tanpa harus mengeluarkan biaya untuk pembelian lisensi, namun tetap mengutamakan kualitas.


Mengapa Menggunakan GARUDA ???

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu beralih dari sistem operasi bajakan ke GARUDA :
  1. MudahDiturunkan dari keluarga Mandriva yang dikenal mudah dan sederhana dalam penggunaannya untuk para pemula.
  2. Boot n’ RunBisa langsung dipergunakan tanpa harus diinstal terlebih dahulu. Namun jika diperlukan, nantinya Anda dapat menginstal ke harddisk, bahkan sekalipun dalam harddisk itu sudah terdapat sistem operasi lain (misal Windows XP / Windows 7)
  3. Modern (3D)GARUDA menggunakan desktop modern dari KDE yang sudah mendukung fitur 3D didalamnya. Anda bukan hanya akan menemukan keindahan suatu desktop, tetapi juga akan merasakan peningkatan kinerja dalam berkomputer.
  4. Windows CompatibleAnda tetap bisa menggunakan dokumen-dokumen yang dibuat dengan program berbasis Windows, seperti Word (.doc), Excel (.xls), Powerpoint (.ppt), Photoshop (.psd), Acrobat (.pdf), dan lain-lain. Bahkan menariknya Anda juga bisa menyimpan dokumen tersebut tetap dalam format aslinya (.doc, . xls, .ppt) untuk kemudian dibaca di komputer berbasis Windows.
  5. Windows FriendlySelain kompatibel dengan dokumen berbasis Windows, Andapun masih bisa merasakan suasana Windows. Mulai dari adanya style desktop Windows), Wine untuk menjalankan program-program berbasis Windows, Samba untuk koneksi ke Windows, VirtualBox atau Qemu untuk menjalankan Windows didalam GARUDA, read/write partisi Windows, sampai viewer file help Windows. Sayangnya, Anda tidak akan bisa menemukan virus Windows di dalam GARUDA :)
  6. Ribuan ProgramAnda akan menemukan banyak program dari berbagai kategori yang bisa digunakan secara bebas tanpa perlu membayar biaya lisensi lagi. Hampir semua jenis program yang Anda perlukan akan bisa ditemui, mulai dari kategori 3D, Office, Game Online / Offline, Graphic, Sound, Video, Internet, Database, dll.
  7. Windows + Mac StyleMenggunakan GARUDA tapi ingin merasakan suasana Windows / Mac ? No Problem …!
    GARUDA menyediakan berbagai style model Windows dan bahkan Macintosh. Anda bisa berganti-ganti style Windows, Mac dan GARUDA dengan amat sangat mudah.
  8. Bebas Gangguan
    Menggunakan Windows bajakan terganggu dengan isu sweeping …?
    Menggunakan Windows asli masih terganggu juga dengan serbuan virus …?
    Untungnya, Anda tidak akan menemukan semua gangguan itu di GARUDA.
  9. DVD + BUKU
    GARUDA hadir secara lengkap dalam versi DVD sehingga Anda tidak perlu repot menginstal satu persatu lagi program-program yang dibutuhkan. GARUDA juga akan dilengkapi dengan buku panduan yang membahas penggunaannya dari dasar sampai Anda mahir menggunakannya dalam nuansa 3D.
  10. Lokal SupportGARUDA dikembangkan oleh tim lokal dari IGOS Center, oleh karena itu Anda juga akan mendapatkan dukungan teknis secara lokal juga, dan tentunya dalam bahasa sehari-hari yang sudah Anda mengerti, yaitu  … bahasa Indonesia.

GarudaONE

GarudaONE (baca : garudawan) adalah sebutan untuk garuda-garuda Indonesia yang berani ambil bagian dalam gerakan “Go LEGAL, Go LOCAL, Go LIBERTY” dengan cara :
  • Meninggalkan software bajakan dan beralih ke software legal
  • Mengutamakan software legal kreasi pengembang lokal daripada software luar
  • Mengutamakan prinsip kebebasan dalam berkomputer sehingga tidak terikat pada suatu belenggu IT tertentu.
 Jika tertarik silahkan bisa di download di sini, Berikut linknya :

FOSS-ID – Jakarta :
ITB – Bandung :
UI – Jakarta :
IPB – Bogor :
ITTELKOM – Bandung :
INDOLINUX – Jakarta :
ITS – Surabaya :
UNS – Solo :
IndoWebster – Jakarta :Cari dengan kata kunci Garuda2011 (40 bagian – oleh Daniel Christopher)
IBI Darmajaya – Lampung :
TORRENT GARUDA :

File ISO GARUDA berikut ini dibagi menjadi beberapa bagian. Setelah selesai mendownload, gabungkanlah dengan menggunakan program HJSplit (Windows, Linux), LXSplit, cat (Linux Terminal), File Splitter (Mac).
Password : vomanet.com
Password : WWW.FORSAL3.COM
Password : vomanet.com
HOTFILE @350MB
ENTERUPLOAD (oleh Jinro Glaxy)

REPOSITORY :

Repository adalah database program yang menyediakan berbagai program aplikasi untuk keperluan instalasi program tambahan. Repository hanya diperlukan jika Anda ingin menambahkan program yang tidak ada di dalam GARUDA atau mengupdate versi program. Namun jika program didalam GARUDA sudah mencukupi kebutuhan, Anda tidak harus menggunakan Repository.
GARUDA menggunakan repository dari induknya, yaitu PCLOS (PCLinuxOS) dari keluarga Mandriva. Server repository PCLOS tersedia baik di dalam ataupun di luar negeri. Adapun daftar lengkap penyedia server repository ini sudah disediakan dalam program manager Synaptic. Untuk Indonesia, server repository ini terletak di server FOSS-ID dan server Kambing-UI.
REPOSITORY LOKAL
Selain repository online, ada juga repository lokal yang bisa disimpan dalam harddisk komputer. Repository lokal ini memudahkan dalam instalasi program karena tidak harus terkoneksi ke Internet untuk melakukannya. GARUDA menyediakan repository lokal yang dikemas dalam 5 DVD. Silakan menghubungi email kontak GARUDA jika Anda ingin mendapatkannya.
source : http://cpu-speed.blogspot.com/2012/06/operating-system-indonesia-2.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar