Jumat, 04 Mei 2012

Oldefo dan Nefo


Oldefo dan Nefo

Hmm... gimana kalo belajar sedikit tentang politik? selain buat referensi bagi yang membutuhkan.. istilah nya menarik sih..
ayo cari tau artinyaa! ^^

Penyimpangan politik luar negeri bebas aktif menjadi politik konfrontasi didasari oleh pandangan politik presiden akan adanya 2 kekuatan di dunia ini. (ih waawhh...)
yaitu ,,

oldefo (Old Emerging Forces) : negara-negara kapitalis yang cenderung kolonialis
nefo (New Emerging Forces) : negara-negara antikapitalis dan antikolonialis

ayo tebaak,, indonesia masuk yang mana? :p
waktu itu Indonesia ikut politik nefo ..

sehingga, Indonesia cenderung menjaga jarak dengan Blok Barat, dan sebaliknya menjalin hubungan erat dengan negara-negara Blok Timur dan komunis lainnya.
Tindakan itu turut didorong oleh kenyataan campur tangan AS dalam pergolakan PRRI dan Permesta, juga oleh sikap pasif negara-negara BArat saat upaya pembebasan Irian Barat.

Kemudian, politik Oldefo dan Nefo berkembang semakin radikal menjadi politik mercusuar dan politik poros-porosan..

dengan polotik mercusuar, Indonesia mengadakan proyek-proyek kolosal yang menguras biaya besar. proyek ini dimaksudkan untuk mengangkat Indonesia sebagai negara terkemuka (menjadi mercusuar) di kalangan Nefo. seperti : mendirikan kompleks olah raga Senayan, penyelenggaraan Ganefo (pesta olah raga untuk negara-negara Nefo)

dengan politik poros, Indonesia mengadakan hubungan istimewa dengan RRC (poros Jakarta-Peking), juga dengan Kamboja, Vietnam Utara, dan Korea Utara (poros Jakarta-Pnom Penh-Hanoi-Peking-Pyongyang).

sumber : buku KODING .. ehehehe

naaah, that's all untuk bagian ini.. semoga bermanfaat buat yang membutuhkan referensi.. dan semoga sejarah indonesia tetap utuh, tidak punah dan tidak terpecah-pecah.. amiieenn ^^

wassalamm..


source : http://coklat-ira.blogspot.com/2010/12/oldefo-dan-nefo.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar