Minggu, 29 Januari 2012

Cara Membuat Baterai Laptop Menjadi Awet dan Tahan Lama

Laptop atau Notebook bukanlah komputer desktop. Laptop amat ringkih dan butuh perhatian/perawatan ekstra supaya umur pakainya lebih panjang dan tampilan body-nya terkesan lebih bagus.
Bisnis dari rumah pakai Laptop
Berikut tips dan cara merawat Laptop (Notebook) supaya awet dan selalu sehat, baik hardware maupun software-nya…

1. Jangan samakan laptop dengan komputer desktopHal yang harus diperhatikan dalam merawat laptop adalah bahwa laptop jangan sekali-kali kita samakan dengan komputerdesktop. Walaupun dengan spesifikasi komputer (hardware dan softwareyang sama, ada baiknya laptop jangan sampai dipakai berjam-jam atau seharian penuh layaknya kita menggunakan komputer desktop. Berdasarkan sisi desain dan peruntukkannya, laptop dan komputer desktop memang berbeda. Kalau komputer desktop memang didesain digunakan berjam-jam. Akan tetapi, laptop didesain untuk pekerjaan yang mengharuskan kita mobile atau tidak mengenal tempat untuk bekerja. Jika ada komputer desktop, lebih baik gunakan komputer desktop untuk pekerjaan kantor.
2. Agar laptop awet, pastikan laptop selalu pada kondisi yang aman dari panas. Aliran udara yang bagus merupakan hal yang harus dipenuhi untuk penggunaan laptop. Karena sangat rentan terhadap debu dan panas, banyak masalah laptop yang terjadi dikarenakan masalah ini. Jangan gunakan laptop di tempat tidur atau tempat yang memiliki permukaan yang lembut karena permukaan yang lembut menghambat aliran udara pada laptop. Jika laptop diletakkan di atas permukaan lembut,  hal itu akan menutup aliran udara pada bawah laptop sehingga laptop akan menjadi panas karena tidak ada aliran udara dan dapat menyebakan over-heating
3. Agar baterai laptop awet untuk pemakaian yang lama dan kecendrungan listrik stabil, lebih baik baterai tidak diisi terus oleh listrik. Jangan paksakan baterai laptop dalam kondisi benar-benar habis. Kalau sudah hampir habis, pastikan laptop dimatikan atau segera di-charge. Jangan sampai menunggu laptop mati sendiri karena kehabisan baterai. Kalau bisa ketika mencharge baterai, laptop dalam kondisi mati dan apabila sudah penuh segera dicabut. Biasanya, laptop memiliki indikator lampu yang dapat kita gunakan sebagai tanda penuh tidaknya baterai laptop.
4. Gunakan cover atau bungkus laptop agar laptop tidak rusak karena terbentur apabila dibawa menggunakan tas dan juga pastikan ketika membawa jangan sampai terkena tekanan. Tekanan yang berlebih dapat merusak monitor pada laptop.
5. Gunakan software resmi dan antivirus yang selalu di-update.
6. Jaga baik-baik master program bawaan dari laptop karena apabila hilang akan sulit bagi Anda untuk mencari driver-driver laptop tersebut.
7. Jika mendownload software gratis dari internet, jangan sembarangan. Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Namun, bila Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.
8. Hindari meletakkan laptop di lantai. Sebab, ini dapat beresiko laptop terinjak kaki orang, anak Anda, atau binatang peliharaan. Laptop jika diletakkan di lantai, juga akan cepat kotor oleh debu.
9. Tancapkan ke stabilizer listrik laptop Anda. Jika Anda sedang bekerja di laptop dengan menggunakan listrik (tanpa baterai), maka sebaiknya gunakan stabilizer yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop Anda.
10. Jangan letakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop. Hal ini sangat berbahaya, karena risiko layar laptop tergores menjadi besar. Tentunya Anda tidak ingin mengganti layar laptop gara-gara tergores bukan?
11. Ketika membawa laptop di dalam tas, Anda harus berhati-hati. Tas yang digunakan untuk membawa laptop pun jangan sembarang tas. Gunakan tas laptop atau notebook yang memang digunakan untuk laptop sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada laptop.
12. Jangan pernah minum atau makan atau meletakkan minuman yang mengandung cairan di sekitar laptop. Ini sangatlah berbahaya, karena laptop sangat peka terhadap cairan yang mengenai laptop, misalnya saja cairan yang masuk ke dalam keyboard laptop.
13. Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop Anda sendiri. Ini merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana. Laptop bukanlah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot (computerized). Jika Anda ceroboh, maka laptop Anda bisa rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke dealer atau service center dari laptop Anda.
14. Jangan meletakkan notebook di tempat yang menjadi sangat panas. Seperti terik matahari ataupun di dalam mobil yang diparkir cukup lama di tempat terbuka pada siang hari.
15. Hindari notebook Anda dari air jenis apa pun. Meskipun nanti juga akan mengering, cepat atau lambat sirkuit di dalam laptop atau baterai secara perlahan akan berkarat.
Nah, sudahkan anda memperlakukan laptop milik anda dengan cara bijak supaya terawat dan awet?
Sebelum membeli komputer laptop atau notebook, selalu lihat kebutuhan Anda akan laptop tsb, artinya sesuaikan spesifikasi laptop dengan kebutuhan dan budget Anda sehingga Anda akan puas memakainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar